Serat Tak Hanya Ada di Buah dan Sayur, Dokter Gizi: Kacang-Kacangan Juga Bisa

Kacang kacangan
Kacang kacangan
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Pakar gizi Juwalita Surapsari mengingatkan bahwa asupan serat tak hanya bisa didapatkan dari konsumsi buah dan sayur tetapi juga sumber lain semisal karbohidrat.

"Selain sayur dan buah yang memang wajib, tetapi kita bisa juga menambahkannya dari pilihan karbohidrat yang benar," ujar dia dalam acara di Jakarta, dikutip dari Antara, Rabu, 25 januari 2023.

Buah-buahan dan sayur-sayuran.

Buah-buahan dan sayur-sayuran.

Photo :
  • Freepik/freepik

Juwalita yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia itu juga mengatakan, konsumsi protein nabati dapat meningkatkan asupan serat karena di dalam sumber protein nabati terdapat pula serat.

"Kacang-kacangan kan sumber protein nabati, tetapi juga punya serat," kata dia yang juga menuturkan pentingnya asam amino dalam protein nabati harus saling melengkapi.

Asupan sumber serat diketahui bermanfaat dalam penurunan berat badan seseorang. Sebuah studi dalam Journal of Nutrition yang dipublikasikan tahun 2021 menemukan, peningkatan asupan serat membantu subjek penelitian menurunkan berat badan secara independen dari faktor lain dalam diet mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title