Tanda Bahaya Gejala Demam Berdarah, Harus Segera Dibawa ke Rumah Sakit

Ilustrasi anak sakit.
Sumber :
  • Freepik/DCStudio

VIVA Lifestyle – Demam berdarah dengue masih menjadi ancaman kesehatan terutama ketika musim hujan tiba. Ketika demam berdarah menyerang, bisa berakibat fatal bila tak ditangani dengan tepat.

Health Ministry Warns Dengue Fever to Bali Tourists

Anggota Unit Kerja Koordinasi (UKK) Infeksi dan Penyakit Infeksi Tropik IDAI, dr. Mulya Rahma Karyanti, Sp.A(K).,IBCLC menjelaskan, saat demam, apapun penyebabnya, ada empat hal yang harus diperhatikan.

Yang pertama adalah asupan minum. Dokter Karyanti mengatakan, saat demam, anak atau anggota keluarga lainnya harus sesering mungkin diberi minum agar tidak dehidrasi. Namun, bila tidak bisa menerima cairan atau muntah, harus segera di bawa ke rumah sakit.

Masyarakat Diminta Waspada DBD dan HFMD, Kemenkes: Penyakit Tak Libur saat Libur Lebaran

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Freepik

Kemudian, perhatikan frekuensi buang air kecil. Untuk anak, biasanya 3-4 jam sekali bisa buang air kecil. Lalu, aktivitas anak juga harus dipantau.

Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

"Apakah aktivitas anak tidur terus, atau masih bisa main. Kemudian anak-anak sekarang suka main gadget, kalau dia lemes pegang gadget saja tidak bisa, pusing, tidur terus, hati-hati, itu sudah menurun aktivitasnya," kata dokter Karyanti dalam media briefing virtual belum lama ini.

Lalu, suhu badan juga haru diukur. Menurut, dokter Karyanti, infeksi dengue membutuhkan waktu tujuh hari. Biasanya, fase demam hari pertama tinggi, ketiha hingga keenam adalah fase kritis bisa terjadi kebocoan darah sehingga suhunya turun.

"Setelah hari ketiga orangtua hati-hati, harus pantau, tanda gejala pada anak," lanjut dia.

Lantas, kapan waktu anak harus dibawa ke rumah sakit? Dokter Karyanti menjelaskan, tanda bahaya infeksi dengue adalah pada fase ketiga karena terjadi penurunan suhu di hari ketiga.

Ilustrasi Tes Demam Berdarah

Photo :
  • U-Report

Jika disertai muntah darah, anak tidur terus, orangtua harus sudah waspada. Kemudian, anak tidak nafsu makan dan minum, muntah terus-menerus, adalah tanda bahaya dari infeksi dengue.

"Kalau anak yang lebih besar sudah bisa mengeluh sakit perut. Perhatikan pendarahan apapun, mimisan, segera bawa ke rumah sakit. Kaki dan tangan dingin, lembab, tidak buang air kecil lebih dari empat jam, harus hati-hati," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya