5 Manfaat Madu Manuka, Obati Sakit Tenggorokan Hingga Maag

Ilustrasi madu
Sumber :
  • Pixabay/fancycrave1

VIVA Lifestyle – Sejak zaman kuno, pengobatan tradisional telah mengakui manfaat madu manuka, karena khasiat penyembuhannya yang alami. Banyak budaya kuno menganggap, madu lebih dari sekadar makanan pokok yang mewah. 

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Meski makanan super ini kaya antioksidan dan nutrisi, tidak semua madu dibuat sama untuk membantu meningkatkan kesehatan. Madu manuka dapat mendukung kesehatan lebih baik karena memiliki efek terapeutik dan medis yang luar biasa, berkat senyawa bioaktif alami yang terkandung di dalamnya. Yuk, scroll untuk tahu info selengkapnya.

Madu manuka berbeda dari madu konvensional karena mengandung bahan aktif yang memberikan karakterisitik antibakteri. Berikut beberapa manfaat dari madu manuka, dilansir Sportkeeda, Senin 30 Januari 2023. 

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat

Ilustrasi madu manuka

Photo :
  • healthline.com

Menjaga kesehatan mulut
Kesehatan mulut yang buruk sudah menjadi masalah umum. Menurut penelitian, orang dengan kesehatan gigi yang buruk dan memiliki gigi busuk lebih mungkin mengalami serangan jantung dan gagal jantung kongestif. 

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

Berlawanan dengan kepercayaan populer bahwa gula dapat meningkatkan kejadian gigi berlubang, manfaat madu manuka justru dapat meningkatkan kesehatan mulut. 

Menenangkan sakit tenggorokan
Ada banyak manfaat luar biasa dari madu manuka, salah satunya meredakan sakit tenggorokan. Dikombinasikan dengan sifat antibakteri yang ada dalam madu manuka, ini adalah perpaduan yang unggul. 

Faktanya, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan, madu jenis ini lebih unggul dibanding obat bebas untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk pada anak kecil. 

Mengobati jerawat
Studi menunjukkan, madu manuka dapat melembapkan kulit, mengurangi peradangan dan membantu menjaga kulit terbebas dari mikroorganisme. Sifatnya yang melembapkan berasal dari fruktosa madu, glukosa, dan asam amino tertentu. Ini memiliki efek antibakteri dan anti inflamasi yang kuat. 

Menyembuhkan luka
Berkat kandungan gulanya yang tinggi, madu manuka mampu menyedot cairan dari luka dan bekerja cukup cepat. Mengoleskan madu ini ke luka dapat membantu membersihkan luka dari kotoran dan mempercepat penyembuhan. 

Ilustrasi luka

Photo :
  • pixabay/saulhm

Selain itu, sifat anti inflamasinya juga mampu mengurangi edema jaringan. Madu manuka juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mempercepat regenerasi jaringan. Tidak heran jika perawatan luka dengan madu manuka sangat populer. 

Mengobati sakit maag
Ulkus peptikum atau sakit maag juga bisa diobati dengan madu manuka. Flavonoid yang terkandung dalam madu memiliki sifat antioksidan. Perkembangan tukak lambung dapat dihindari dengan penggunaan flavonoid ini. Manfaat madu manuka untuk pencernaan adalah karena konsentrasi flavonoid-nya yang tinggi. 

Studi awal menunjukkan, madu manuka dapat digunakan untuk mengobati bakteri H.pylori yang menyebabkan bisul. Hebatnya lagi, H.pylori bisa bertahan dalam asam lambung. Selama ribuan tahun, banyak orang telah beralih ke madu sebagai pengobatan homeopati untuk sakit maag. 

Bicara madu manuka, Lucky Chan, CEO dan Father of SESA dari PT Sehat Secara Alami, distributor utama Comvita di Indonesia, menjelaskan, madu manuka yang berasal dari Selandia Baru, membawa banyak khasiat di tiap kandungannya. 

"Madu yang dihasilkan lebah ketika menghisap nektar bunga manuka, sangatlah murni. Karena bunga manuka hanya tumbuh di kawasan tebing bebatuan di Selandia Baru. Sehingga madu yang dihasilkan tidak tercampur oleh nektar tumbuhan lain," ujar Lucky Chan dalam keterangannya, dikutip VIVA

Bahkan untuk menjaga kualitas madu manuka, sebuah lembaga independen ditunjuk untuk mengukur keaslian setiap madu manuka yang dihasilkan di Selandia Baru. Madu yang lolos tes, berhak mendapat sertifikat UMF™ (Unique Manuka Factor) sebagai indikator kemurnian dari madu manuka. 

Ilustrasi madu

Photo :
  • healthline.com

"Madu Manuka Comvita juga mempunyai level UMF™ dari UMF™ 5+ untuk kesehatan harian hingga UMF™ 20+ yang memiliki manfaat terapeutik atau penyembuhan. Sehingga, memang jangan sampai salah memilih madu bersertifikat," pesan dia.

"Madu Manuka Comvita dapat mengatasi masalah kesehatan terutama infeksi bakteri bukan hanya gejalanya. Madu ini memiliki efek baik berkepanjangan seperti antiinflamasi dan antioksidan yang memberikan khasiat baik tak terhingga bagi badan kita. Tentunya suplemen yang berbahan dasar alam yang murni selalu lebih baik daripada yang berbahan kimia,” imbuh Lucky Chan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya