Miris, 4 Juta Pasangan Usia Produktif di Indonesia Alami Masalah Kesuburan

Ilustrasi pasangan/bercinta.
Sumber :
  • Freepik/nikitabuida

VIVA Lifestyle – Gangguan kesuburan atau infertilitas masih menjadi momok bagi pasangan suami-istri yang menginginkan hadirnya sang buah hati. Demikian halnya di Indonesia, persoalan gangguan kesuburan tergolong tinggi. 

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Di Indonesia, diprediksi terdapat 4 juta pasangan yang mengalami infertilitas atau ketidaksuburan. Tepatnya sekitar 10 – 15 persen pasangan usia produktif mempunyai masalah dengan kesuburan. Scroll untuk info selengkapnya.

“Di Indonesia kejadian infertilitas sekitar 10-15 persen atau 4-6 juta pasangan dari 39,8 juta pasangan usia subur dan memerlukan pengobatan infertilitas untuk akhirnya bisa mendapatkan keturunan,” kata founder Smart IVF yang juga mantan Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG dalam acara peresmian ‘Smart Fertility Clinic’ Bersama Smart IVF di RS Evasari Jakarta Timur, Senin 30 Januari 2023. 

Aliando Sebut Prilly Latuconsina Mantan Terindah, Ada Penolakan Main Film Bareng?

Ilustrasi pasangan atau selingkuh.

Photo :
  • Freepik/yanalya

Lebih lanjut diungkap Prof. Budi, faktor-faktor yang memengaruhi kesuburan dapat berasal dari faktor istri seperti ada gangguan haid, miom, kista, sumbatan saluran telur maupun faktor suami seperti kelainan sperma dan gangguan pengeluaran sperma.

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

“Penyebab gangguan kesuburan 35 persen karena laki-laki. Sisanya gangguan pematangan sel telur pada wanita. Sel telur tidak matang bisa dilihat dari siklus haidnya yang tidak teratur, bisa dua bulan atau tiga bulan sekali,” kata dia. 

Selain itu, Prof Budi menjelaskan penyebab lain gangguan kesuburan pada wanita adalah adanya sumbatan telur tempat bertemunya sperma dan sel telur. 

“Tanda lainnya nyeri haid ketika menstruasi sampai tidak bisa masuk ke kantor atau kuliah, itu disebut kista cokelat atau Endometriosis. Ini sering menyebabkan gangguan kesuburan,” ujar dia.

Gangguan di dalam rahim seperti miom atau polip di dalam rahim, menurut Prof Budi juga bisa menjadi penyebab gangguan kesuburan pada wanita.   

Ilustrasi uterus, rahim

Photo :
  • Pixabay/ LJNovaScotia

Di sisi lain, melihat masih banyaknya permasalahan infertilitas di Indonesia yang masih tinggi, Primaya Hospital Group bersinergi dengan Smart IVF meluncurkan ’Smart Fertility Clinic’ untuk pasangan suami istri (pasutri) dalam memperoleh buah hati. 

Layanan ini diklaim memberikan pelayanan yang lengkap dan modern didukung oleh dokter dan tim yang berpengalaman di bidangnya, baik dari segi layanan, fasilitas, serta teknologi yang komprehensif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya