5 Cara Membuat Badan Berisi Secara Alami, Gak Mahal Kok

Ilustrasi lelah usai olahraga
Sumber :
  • Planetfitness

VIVA Lifestyle – Cara agar badan berisi tentunya dibutuhkan bagi beberapa orang yang mulai merasa jika berat dan bentuk badan sudah tampak terlalu kurus sehingga takut kesehatan tubuh akan terganggu.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Selain alasan kesehatan, tubuh yang terlihat terlalu kurus juga akan mengurangi penampilan menjadi kurang menarik sehingga membuat rasa percaya diri akan menurun tajam.

Ilustrasi membuat badan lebih berisi.

Photo :
  • U-Report
Zaidul Akbar: Kalau Makan Getuk Saya Banyakin Kelapanya, Kenapa? Ini Alasannya

Sama halnya seperti berat badan yang berlebihan, kekurangan berat badan apalagi hingga kurang gizi akan berisiko memunculkan berbagai macam penyakit, seperti tulang rapuh, imunitas tubuh yang melemah, anemia, hingga masalah kesuburan.

Lalu, bagaimanakah cara agar badan berisi yang aman dan sehat? Simak deretan cara agar badan berisi yang VIVA rangkum dari berbagai sumber:

Mengonsumsi Serangga Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh, Apa Saja?

1. Atur Frekuensi Mengonsumsi Makanan

Jika kamu merasa kekurangan berat badan, maka cara agar badan menjadi lebih berisi adalah dengan menambah frekuensi mengonsumsi makanan. Daripada hanya makan besar sebanyak 2 hingga 3 kali sehari, kamu dapat menggantinya menjadi 5 sampai 6 kali makan dengan porsi kecil sepanjang hari.

Hal tersebut dilakukan untuk maksud menambah asupan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan tubuh dalam meningkatkan berat badan. Atur jam makan setiap harinya agar frekuensinya menjadi jauh lebih sering.

2. Memilih Asupan yang Banyak Nutrisi

Perhatikan kandungan nutrisi dalam makanan.

Photo :
  • U-Report

Makanan yang membantu meningkatkan berat badan harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, dan gula alami. Beberapa makanan yang bisa dipilih untuk menjadi asupan penambah berat badan antara lain telur, tahu, tempe, daging fillet, kacang-kacangan, buah dan sayur.

Makanan yang mengandung protein tinggi mampu meningkatkan massa otot dan menambah berat badan. Sedangkan karbohidrat berguna dan lemak yang ada dalam makanan akan menambah lemak jaringan dan mencukupi kebutuhan energi

3. Perbanyak Minum Susu

Minum susu.

Photo :
  • Times of India

Kamu dapat menemukan sumber kalori, protein, dan lemak yang baik pada susu serta produk olahannya, seperti yoghurt dan keju. Susu juga mengandung kalsium yang tinggi yang berperan penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi serta tulang.

Rajin meminum susu maupun produk olahannya akan sangat membantu menaikkan berat badan agar tampak jauh lebih berisi. Agar hasil yang diperoleh bisa maksimal, kamu bisa mengonsumsi susu sapi murni maupun susu penggemuk badan sebanyak satu hingga dua gelas dalam sehari.

4. Olahraga Rutin

Ilustrasi olahraga/lari.

Photo :
  • Freepik/master1305

Jenis olahraga dengan intensitas yang tinggi dapat berperan dalam membuat badan menjadi lebih berisi sebab otot menjadi ikut terbangun. Tidak hanya itu, rutin berolahraga juga bisa membantu untuk menambah nafsu makan sehingga asupan yang masuk ke dalam tubuh bisa jauh lebih banyak.

Berolahraga secara rutin akan membantu meningkatkan berat badan, khususnya latihan kekuatan. Asupan makanan yang bertambah sehabis berolahraga juga akan meningkatkan jumlah kalori dan nutrisi yang mencukupi.

5. Tidur yang Cukup

ilustrasi tidur nyenyak.

Photo :
  • U-Report

Tidak bisa dipungkiri, untuk meningkatkan berat badan sekaligus menjaganya agar tetap ideal, istirahat yang cukup sangat diperlukan. Tidur yang melengkapi akan ikut membantu dan mendukung proses pembentukan jaringan tubuh.

Durasi waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7 hingga 9 jam setiap malam. Jadi, jangan remehkan kekuatan tidur dalam membantu menambah berat badan agar menjadi jauh lebih berisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya