Konsumsi Susu Formula Memicu Si Kecil Alami Diabetes Tipe 1

Ilustrasi susu/anak.
Ilustrasi susu/anak.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Diabetes tipe 1 adalah salah satu jenis diabetes yang cukup sering dialami oleh kelompok anak. Diabetes tipe 1 ini memiliki berbagai faktor risiko, salah satunya asupan susu sapi atau susu formula yang terlalu dini pada anak karena menyerang bagian imunitasnya.

Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr Muhammad Faizi, SpA(K) mengatakan bahwa susu formula yang berasal dari sapi, yang dikonsumsi terlalu dini dapat mencetuskan risiko diabetes tipe 1 pada anak. Namun, risiko diabetes tipe 1 ini bukan hanya disebabkan oleh susu formula, melainkan juga jenis protein asing lainnya.

"Untuk diabetes tipe 1, diduga (susu formula) jadi pencetus untuk DM tipe 1. Itu (karena) paparan antigen, protein asing. Tidak hanya susu formula tapi infeksi tertentu bisa menjadi pencetus proses autoimun yang merusak sistem imun menjadi DM tipe 1," ujarnya dalam acara virtual, Rabu 1 Februari 2023.

Ilustrasi susu.

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Freepik/freepik

Diabetes tipe 1 juga dipengaruhi oleh genetik keluarga dan penyakit tertentu lainnya atau riwayat penyakit saat lahir sehingga menyebabkan terjadinya autoimun. Dari autoimun ini, maka terjadi gangguan pada pankreas sehingga tak mampu hasilkan insulin

"Tapi, pemilihan susu formula tidak menyebabkan diabetes tipe dua," jelasnya.

Ada pun risiko diabetes tipe satu, lanjut Faizi, harus diberikan insulin seumur hidup. Berbeda pada anak dengan diabetes tipe dua yang kondisinya lebih stabil, maka tidak banyak diberi suntik insulin dan diganti dengan oral anti diabetes, meski harus diberikan seumur hidup.

Halaman Selanjutnya
img_title