Alasan Banyak Wanita Mau Jadi Simpanan Pria Beristri

Ilustrasi pasangan.
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Isu tentang wanita simpanan sudah sering beredar. Bahkan beberapa wanita simpanan dengan lantang dan berani  mempublikasikan hubungan terlarang mereka di media sosial.

Ustaz Khalid Basalamah Bongkar Ciri-ciri Wanita yang Akan Dilaknat

Tidak sedikit pertengkaran antara istri sah melawan simpanan ramai di media sosial. Misalnya, video viral salah seorang wanita yang menggerebek suaminya yang merupakan seorang pilot maskapai di rumahnya dengan wanita simpanannya yang merupakan pramugari sempat.

Isu perselingkuhan pun sering diangkat ke dalam layar kaca seperti drama The World of Married, drama Korea adaptasi dari serial Dr. Foster ini juga berhasil menjadi sorotan penonton. Dalam serial tersebut, wanita simpanan digambarkan sebagai wanita cantik dan muda yang berasal dari keluarga terpandang.

Wanita Asal Texas Ditangkap usai Benamkan Anak Palestina di Kolam Renang

Ilustrasi bercinta/pasangan.

Photo :
  • Freepik/lookstudio

Lantas, apa yang membuat seorang wanita memilih untuk menjadi simpanan pria beristri? Seorang konselor keluarga dan hubungan, Joji Racelis menjelaskan bahwa wanita tersebut biasanya memiliki cara untuk membenarkan apa yang mereka lakukan.

Tak Lazim, 70 Paku Bersarang di Lambung Pria Indramayu

"Mereka sering berpikir bahwa ini adalah cinta sejati, (bahwa) saya satu-satunya ruang kebahagiaannya (dan) dia menikah dengan seorang penyihir. Mereka memungkinkan apa yang mereka lakukan," kata Racelis dalam sebuah wawancara di DZMM mengutip laman ABS-CBN News.

Dia menambahkan bahwa kebanyakan wanita yang berada dalam hubungan semacam ini tidak menyadari bahwa mereka melakukan sesuatu yang salah.

"Dalam pikiran mereka, mereka berhak melakukan ini. Memasuki situasi seperti itu, mereka tidak berpikir mereka salah," katanya.

Meski begitu, jangan terburu-buru menghakimi. Racelis mengatakan bahwa perempuan yang terlibat perselingkuhan tidak boleh langsung dihakimi.

"Mereka perlu menyadari bahwa apa yang mereka lakukan itu salah, dan beri tahu bahwa mereka perlu menghargai dirinya sendiri. 'Saya pantas mendapatkan seseorang yang lebih baik, dan tidak hanya menjadi simpanan'," tambahnya.

Ilustrasi pasangan.

Photo :
  • Freepik/halayalex

Racelis menjelaskan bahwa wanita dalam situasi seperti ini sering berpikir bahwa mereka tidak menyakiti siapa pun, padahal sebenarnya tidak demikian.

"Terkadang mereka merasa bahwa mereka tidak menyakiti siapa pun, tetapi sebenarnya mereka menyakiti istri, anak-anak pria tersebut, keluarganya dan yang terpenting, dia menyakiti dirinya sendiri, karena sepertinya dia tidak menghargai dirinya karena dia setuju untuk pergi ke situasi seperti itu," jelasnya.

Sama seperti hubungan apa pun, seorang wanita yang terlibat perselingkuhan akan mengalami proses berduka setelah hubungan itu berakhir.

"Dia harus bisa memaafkan dirinya sendiri dan laki-laki itu karena membawanya ke dalam situasi seperti itu, dan untuk mengetahui bahwa dia adalah orang yang baik, dan bahwa dia memiliki masa depan. Bagaimana perasaan Anda jika tahun depan, ada wanita ketiga? Apa yang kamu lakukan terhadap istrimu, akan dilakukan kepadamu," katanya.

Racelis menasihati orang-orang yang memiliki teman yang terlibat perselingkuhan agar lebih sabar dan pengertian.

"Jika kamu adalah seorang teman, kamu tidak dapat langsung memberitahunya bahwa dia harus menyerah, karena dia akan memblokirmu segera. Kami mendengarkan apa yang ingin kami dengar, jadi jika itu jalan masukmu, dia tidak akan mendengarkanmu lagi," dia ditambahkan.

Ilustrasi konflik dengan pasangan

Photo :
  • U-Report

Sebaliknya, teman-teman harus mendengarkan dan melihat situasi melalui sudut pandang wanita lain, dan menemaninya melihat gambaran yang lebih besar.

"Wanita lain bukanlah orang jahat. Sering kali, dia hanya menjadi buta. Dia juga menjadi korban." kata Racelis.

Wanita simpanan profesional

Dia menambahkan bahwa ada beberapa wanita yang dapat dianggap sebagai "simpanan profesional" dan lebih sulit untuk dihadapi.

"Boleh iba dengan perempuan lain, mereka punya karier. Mereka menghasilkan uang, lalu mereka bilang itu hanya sewaktu-waktu. Itu lebih sulit," kata Racelis.

Menurut Racelis, cara termudah untuk membuat wanita lain menyadari bahwa dia melakukan sesuatu yang salah adalah dengan menanyakan apakah dia ingin calon putrinya menjadi simpanan.

ilustrasi pasangan pria dan wanita

Photo :
  • Pixabay/ Pexels

"Jika ada anak perempuan, tanyakan padanya bagaimana perasaannya jika putrinya menjadi simpanan. Lalu katakan padanya untuk mendengarkan dirinya sendiri," katanya.

Saat ditanya apakah suami yang bersalah masih bisa mendapatkan kembali kepercayaan istrinya, Racelis mengatakan itu mungkin sulit tapi bukan tidak mungkin.

Dia juga menasihati para istri untuk menyelidiki pernikahan mereka, dan bertanya kepada suami mereka apa yang salah.

"Ketika sang suami berpaling ke kiri, sang istri harus bertanya mengapa demikian ada sesuatu yang hilang dalam pernikahan. Lalu dia menemukan sesuatu pada wanita lain yang hilang dalam pernikahan itu," kata Racelis.

Namun, istri juga tidak boleh menyalahkan dirinya sendiri atas apa yang dilakukan suaminya kepadanya.

"Harga diri seorang istri seharusnya tidak bergantung sepenuhnya pada bagaimana suami Anda melihat Anda. Harga diri Anda harus bergantung pada bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri. Ketika suami Anda tidak menyukai Anda, apa yang tersisa untuk Anda?" dia berkata.

Racelis meninggalkan pesan kepada semua wanita yang terlibat perselingkuhan.

"Wanita lain bukanlah orang jahat, tapi apa yang dia lakukan menyakiti orang lain. Dia harus tahu bahwa dia pantas mendapatkan lebih, dan bahkan jika dia sangat bahagia saat ini, kebahagiaan ini sangat sementara dan mungkin berakhir dengan cara yang menyakitkan," kata dia.

Dia juga meninggalkan nasehat ini untuk wanita dengan suami yang selingkuh.

"Bagi para istri, jika suami mereka mulai mencari wanita lain, itu adalah peringatan bahwa ada sesuatu yang hilang dalam pernikahan, dan itu belum tentu salahmu tapi mungkin ada sesuatu yang hilang, dan inilah saatnya bagimu untuk mencarinya untuk itu," kata Racelis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya