Awas, Debu di Rumah Berisiko pada Bahaya Kanker

Ilustrasi interior ruang tamu.
Ilustrasi interior ruang tamu.
Sumber :
  • Pixabay/Kaboompics

VIVA LifestyleRumah yang nampak bersih bukan berarti tak menimbulkan bahaya dari segala jenis mikroba yang tumbuh dan hidup di dalam berdampingan dengan aktivitas sehari-hari. Dari spons pencuci piring hingga tempat sikat gigi, ada banyak tempat di rumah kita di mana mikroorganisme kecil ini dapat bersembunyi.

Dikutip laman Medical News Today, Secara khusus, debu yang mengendap di furnitur kita dan permukaan lainnya mengandung berbagai macam jamur, serta bakteri dari keluarga Staphylococcus dan Streptococcus.

Meskipun bakteri semacam itu dapat membahayakan kesehatan kita, terutama jika kita memiliki sistem kekebalan yang lemah, penelitian baru menemukan bahwa mikroba yang ada dalam debu rumah tangga juga memiliki peran tambahan yakni membantu memecah bahan kimia lingkungan yang berbahaya.

Ilustrasi Interior Rumah

Ilustrasi Interior Rumah

Photo :
  • Oki House

Secara khusus, sebuah studi baru menemukan bahwa bakteri debu ini dapat mendegradasi ftalat, yang termasuk dalam kelas bahan kimia yang penelitiannya dikaitkan dengan kanker dan kondisi lainnya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Ashleigh Bope, seorang peneliti doktoral dalam ilmu lingkungan di The Ohio State University di Columbus, adalah penulis pertama makalah tersebut, yang muncul dalam jurnal Environmental Science: Processes & Impacts

Mikroba debu melawan bahan kimia berbahaya

Halaman Selanjutnya
img_title