Faktor Perubahan Iklim, Ini Dampak Tingginya Kelembapan Udara Bagi Kesehatan

Ilustrasi perubahan iklim.
Sumber :
  • the United Nations

VIVA Lifestyle – Letak geografis Indonesia sebagai negara kepulauan yang dikelilingi oleh laut yang luas menyebabkan negara ini memiliki iklim tropis dengan kelembapan udara yang cukup tinggi sepanjang tahun.

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Ditambah lagi dengan curah hujan yang cukup tinggi dapat menyebabkan kenaikan tingkat kelembapan udara di suatu wilayah. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Kelembapan udara yang sangat tinggi ternyata dapat memberikan dampak negatif dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari menimbulkan suasana tempat tinggal yang tidak nyaman hingga munculnya berbagai masalah kesehatan.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

"Efek kelembapan udara yang tinggi itu bisanya tidak langsung kerasa dan tidak disadari, yang paling sering adalah stres, insomnia, dan tubuh terasa panas," papar dr. Abelina Dini Fitria, selaku dokter kecantikan, dalam acara Peluncuran Produk Sharp Dehumidifier, Rabu 8 Februari 2023.

Kelembapan udara yang tinggi juga dapat mempengaruhi alergi yang diidap oleh seseorang. Bukan hanya dalam bentuk gatal-gatal pada kulit, tetapi juga alergi yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

Hujan Lebat di Dubai, Benarkah karena Perubahan Iklim atau Modifikasi Cuaca?

Kulit gatal

Photo :
  • Times of India

"Kelembapan udara yang tinggi juga sangat buruk untuk alergi. Alergi itu bukan hanya gatal-gatal tapi bentuknya ada banyak seperti bersin-bersin atau pilek di pagi hari, hingga asma," tambahnya.

Kondisi tersebut akan semakin para dan sering kambuh dengan keadaan udara yang kurang bersih. Oleh karena itu, memperhatikan tingkat kelembapan udara sangat penting untuk dilakukan.

Lebih lanjut, doker Abelina menjelaskan bahwa dalam jangka panjang kelembapan udara yang terlalu tinggi juga dapat menghambat tumbuh kembang anak dan membuat para lansia lebih mudah sakit.

"Karena alergi itu merupakan peradangan, dan peradangan itu pasti menghambat energi yang dipakai oleh anak. Para lansia juga akan gampang sakit karena imunnya mereka sudah menurun," jelasnya.

Dari segi kecantikan, kelembapan udara juga akan mempengaruhi kesehatan kulit. Udara yang terlalu panas akan membuat kulit menjadi kering dan kusam. Sedangkan udara yang terlalu lembap bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.

Tips Agar Wajah Tidak Kusam, image by : berkeluarga.id

Photo :
  • U-Report

"Untuk kecantikan juga tidak baik, high humidity menyebabkan kita susah berkeringat. Kondisi seperti itu mungkin membuat kita merasa kepanasan tapi keringat tidak bisa keluar, alhasil pori-pori jadi tersumbat," kata dokter Abelina.

Salah satu cara mengatasi tingginya tingkat kelembapan udara adalah dengan bantuan teknologi dehumidifier. Alat elektronik ini bertugas untuk menurunkan dan membatasi supaya tingkat kelembapan di dalam sebuah ruangan menjadi tidak terlalu tinggi.

Dehumidifier juga bermanfaat untuk menghilangkan bau-bau yang tidak sedap dan mencegah munculnya embun dengan cara mengambil uap air yang ada di sekitar.

Selain diletakkan di ruangan dengan kamat mandi dalam, dehumidifier biasanya ditempatkan di perpustakaan, gym, museum, galeri seni, dan tempat lainnya yang memiliki kelembapan sangat tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya