Kasus Gangguan Ginjal Akut Muncul Lagi, Orang Tua Diminta Waspada Gejala Ini

Ilustrasi anak sakit.
Sumber :
  • Pexels/miroshnichenko

VIVA Lifestyle – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta meminta para orang tua untuk mengenali lebih jauh gejala awal gangguan ginjal akut pada anak. Adapun gangguan ginjal akut dapat terjadi akibat beberapa faktor, di antaranya kondisi syok kekurangan cairan berat, kerusakan ginjal akibat infeksi hingga saluran kemih yang tersumbat.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti mengatakan, deteksi dini bisa dilakukan dengan memantau jumlah dan frekuensi buang air kecil anak yang sedang sakit. Widyastuti meminta agar orang tua tidak abai jika anak tidak buang air kecil seperti biasanya.

Ilustrasi anak sakit.

Photo :
  • Freepik
Pentingnya Deteksi Dini: Gejala Awal serta Faktor Risiko Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Widyastuti juga mengimbau para orang tua untuk membawa anaknya ke rumah sakit jika terjadi penurunan jumlah air seni dalam 24 jam atau bahkan sama sekali tidak buang air kecil atau disebut anuria dalam 12 jam.

"Jangan tunggu sampai anak mengalami kondisi darurat seperti badan bengkak, kesadaran menurun, serta sesak nafas," ucap Widyastuti di Jakarta, Jumat 10 Februari 2023.

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Widyastuti mengatakan, pihaknya terus meningkatkan kewaspadaan dan melakukan penyelidikan secara epidemiologi terkait kasus gagal ginjal akut sejak muncul pertama kali pada Agustus 2022. 

Kata dia, para orang tua juga bisa melaporkan kepada kader kesehatan, petugas puskesmas setempat hingga kanal aduan Dinas Kesehatan DKI Jakarta jika melihat gejala gangguan ginjal akut pada anak-anak di sekitarnya. 

“Masyarakat bisa ikut berperan aktif dalam melaporkan masalah-masalah kesehatan di lingkungannya yang memerlukan perhatian khusus dari petugas kesehatan Pemprov DKI Jakarta," paparnya.  

Ilustrasi orang tua ajarkan anak toilet training

Photo :
  • Shutterstock

Untuk diketahui, Dinkes DKI kembali menemukan dua kasus baru gangguan gagal ginjal akut pada anak setelah hampir tiga bulan nihil kasus. 

Dua kasus tersebut yaitu anak perempuan 13 bulan di Jakarta Timur pada 25 Januari 2023 dan anak perempuan tujuh tahun di Jakarta Barat pada 26 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya