3 Anak Stunting Ditemukan di Cempaka Putih, Jakarta Pusat

Ilustrasi anak/balita.
Ilustrasi anak/balita.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau pemeriksaan kesehatan bulanan di Posyandu Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Dari peninjauan tersebut, Menkes dan Heru Budi menemukan 3 anak stunting.

"Dari 15 anak yang baru cek kesehatannya di sini, ternyata tiga (anak) sudah masuk 'stunting' dan ini kita harus cepat bergerak," ujar Heru di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu 22 Februari 2023. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Adapun Menkes Budi mengatakan kasus stunting pada anak ini diibaratkan seperti kanker stadium empat yang memang sulit untuk disembuhkan.

"Karena stunting itu seperti kanker stadium empat, udah susah dikembalikan. Jadi, kita harus kejar di stadium satu, stadium dua. Karena ini ditimbang tidak enam bulan sekali, timbang harus setiap bulan," ucap Menkes Budi.

Menkes juga menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk berencana menurunkan kasus tengkes pada anak hingga di bawah 10 persen, atau melebihi target Presiden Joko Widodo sebesar 24 persen pada 2024.

Sebagai informasi, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, lanjut Heru, terdapat 777 kasus rawan stunting di Cilincing dengan persentase kesembuhan sebesar 17 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title