Ramuan Herbal Takokak, Ampuh Atasi Diabetes Hingga Disfungsi Ereksi

Takokak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Takokak atau terung pipit merupakan salah satu tumbuhan yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat sebagai lalapan dengan tambahan sambal lezat. Siapa sangka, takokak ini begitu berkhasiat bagi kesehatan, mulai dari mengatasi diabetes hingga masalah keperkasaan pria.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Pakar herbal dr. Dian Elco Nora,M.Si, dalam acara Hidup Sehat TvOne mengatakan bahwa takokak memiliki zat yang berkhasiat di dalamnya untuk menurunkan kadar gula darah. Hal ini bermanfaat untuk mencegah diabetes yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah.

"(Ramuan takokak) yang teratur dipakai bisa menurunkan kadar gula darah. Bantu turunkan gula darah dengan tingkatkan hormon insulin," tuturnya, beberapa waktu lalu.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Mikhail Nilov

Dokter Dian menambahkan bahwa resep takokak sendiri bisa diolah sebagai sup dengan bahan herbal lainnya. Dengan dikonsumsi rutin sebanyak dua kali sepekan, ramuan herbal dengan takokak ini bisa mengatasi diabetes sehingga tak menimbulkan komplikasi mau pun mencegah diabetes itu sendiri.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"Secara empiris (takokak) sudah dibuktikan untuk diabetes dalam sehari untuk lalapan 150 gram takokak. Kalau jadi sup, ini maksimal 1-2 mangkuk per hari untuk diabetes. Bisa untuk selingan atau makanan," tambahnya. 

Sementara itu, dokter Dian menepis khasiat takokak untuk mencegah disfungsi ereksi. Kendati demikian, Dokter Dian menegaskan bahwa takokak sendiri sebenarnya bisa menjadi terapi pendamping pada kasus disfungsi ereksi.

Jadi, dokter Dian tak menyarankan takokak sebagai obat namun terapi pendamping pada disfungsi ereksi. Cara bekerja dari takokak ini berfungsi melancarkan pembuluh darah, termasuk juga pada organ intim pria sehingga disfungsi ereksi bisa diatasi perlahan.

"Takokak tinggi antioksidan, secara sistemik melancarkan leredaran darah termasuk ke alat kelamin laki-laki. Kalau jadi obat, itu masih butuh penelitian skala besar. Disfungsi ereksi juga penyebabnya beragam. Kalau membantu pada yang sudah ada obat, bisa saja," tambahnya.

Berikut resep herbal untuk atasi dan cegah diabetes mellitus

Buah takokak.

Photo :
  • U-Report

Bahan
5-6 Buah Takokak
2 Buah Tomat
1 Ruas Jari Jahe
1 Lembar Salam Koja
2 Cangkir Air
1/2 Sdt Lada Bubuk
1/2 Garam
1 Sdt Daun Ketumbar
1 Sdt Rasam Powder

Cara Membuat:
Cuci Bersih Semua Bahan
Rebus Semua Bahan Dimulai Dengan Takokak dan Jahe
Tambah Tomat dan Daun Salam Serta Daun Ketumbar
Setelah Tercampur Semua, Segera Tambah Bumbu Lainnya
Konsumsl 1-2 Kali Sehari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya