Apa Itu Diffuse Axonal Injury? Kondisi yang Dialami David Anak Pengurus GP Ansor

Diffuse Axonal Injury
Sumber :
  • researchgate.net

VIVA Lifestyle – Kasus penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy Satriyo terhadap anak pengurus GP Ansor bernama David masih terus berlangsung hingga saat ini. Akibat aksi penganiayaan tersebut, Mario Dandy Satriyo ditetapkan sebagai tersangka.

Kejari Jaksel Blak-blakan soal Nasib Rubicon Mario Dandy Pasca Gak Laku Dilelang

Sementara itu, korban yakni David saat ini masih terbaring tak sadarkan diri. Anggota Bidang Cyber dan Media PP GP Ansor sekaligus rekan ayah korban, Ahmad Taufiq menjelaskan, bahwa David terkena diffuse axonal injury.

Lantas apa itu diffuse axonal injury yang dialami David? Melansir laman Healthline, diffuse axonal injury (DAI) adalah bentuk cedera otak traumatis. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Jeep Rubicon Mario Dandy Bakal Dilelang Lebih Murah Usai Tak Laku, Berapa Harga Bekasnya?

Diffuse axonal injury terjadi ketika otak dengan cepat bergeser di dalam tengkorak saat terjadi cedera. Serat penghubung panjang di otak yang disebut akson terpotong saat otak berakselerasi dan melambat dengan cepat di dalam tulang tengkorak yang keras.

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

Diffuse axonal injury biasanya menyebabkan cedera pada banyak bagian otak, dan orang yang menderita ini biasanya mengalami koma. Perubahan di otak seringkali sangat kecil dan sulit dideteksi menggunakan pemindaian CT atau MRI.

Diffuse axonal injury adalah salah satu jenis cedera otak traumatis yang paling umum dan juga salah satu yang paling merusak.

Apa Saja Gejalanya?
Gejala umum Diffuse axonal injury adalah kehilangan kesadaran. Diffuse axonal injury biasanya berlangsung enam jam atau lebih. Jika DAI ringan, orang mungkin tetap sadar tetapi menunjukkan tanda-tanda kerusakan otak lainnya.

Gejala-gejala ini bisa sangat bervariasi, karena bergantung pada area otak mana yang rusak.

Mereka dapat mencakup disorientasi atau kebingungan, sakit kepala, mual atau muntah, mengantuk atau kelelahan, kesulitan tidur, tidur lebih lama dari biasanya, kehilangan keseimbangan atau pusing.

Diffuse axonal injury terjadi ketika otak bergerak mundur dan maju dengan cepat di dalam tengkorak akibat akselerasi dan deselerasi.

Beberapa contoh kapan hal ini mungkin terjadi seperti dalam kecelakaan mobil, dalam serangan ganas, selama musim gugur dalam kecelakaan olahraga, sebagai akibat dari pelecehan anak, seperti sindrom bayi terguncang.

Pilihan Pengobatan
Tindakan segera yang diperlukan dalam kasus diffuse axonal injury adalah mengurangi pembengkakan di dalam otak, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Dalam kasus tertentu, rangkaian steroid akan diberikan untuk mengurangi pembengkakan. Tidak ada operasi yang tersedia untuk orang yang mengalami diffuse axonal injury.

Jika cederanya parah, ada kemungkinan keadaan vegetatif atau bahkan kematian. Namun jika diffuse axonal injury ringan hingga sedang, rehabilitasi dapat dilakukan.

Program pemulihan akan tergantung pada individu, tetapi mungkin termasuk, terapi berbicara, terapi fisik, terapi rekreasi, pekerjaan yang berhubungan dengan terapi, pelatihan peralatan adaptif, penyuluhan.

Sebagai informasi, banyak orang tidak selamat dari diffuse axonal injury. Sejumlah besar orang yang selamat dari cedera tidak sadarkan diri dan tidak pernah sadar kembali.

Dari sedikit yang sadarkan diri, banyak yang mengalami masalah jangka panjang bahkan setelah rehabilitasi. Namun, ada tingkat keparahan diffuse axonal injury, yang berbeda, dengan gegar otak dianggap sebagai salah satu bentuk yang lebih ringan.

Dengan demikian, pemulihan total dimungkinkan dalam kasus yang sangat ringan. Diffuse axonal injury adalah jenis cedera otak traumatis yang serius namun umum.

Ini bisa berakibat fatal, tetapi juga memungkinkan untuk sadar kembali setelah DAI. Bagi mereka yang pulih, rehabilitasi intensif akan dibutuhkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya