Hospital Expo Sukses Digelar, Ajak Masyarakat Peduli Kesehatan Diri dan Keluarga

Ilustrasi dokter/suster.
Sumber :
  • Pixabay/voltamax

VIVA Lifestyle – Tak hanya teknologi, industri kesehatan juga harus terus maju dan berkembang. Hal itu wajib dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah dan tantangan kesehatan yang tidak pernah ada habisnya. 

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Menyadari hal tersebut, Seminar dan Workshop Perumahsakitan ke-13 serta Medan Hospital Expo ke-11 kembali digelar di Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention, Medan, pada 22-24 Februari 2023. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Wilayah Sumatera Utara, dr. Syaiful M Sitompul MKes menjelaskan, penyelenggaraan rangkaian kegiatan tahun ini merupakan ke-13 kalinya.

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

"Dalam kegiatan ini hadir pemilik rumah sakit (RS), direksi, pegawai dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk masyarakat. Mereka mendapatkan informasi, pengetahuan dan keterampilan yang lengkap dan terkini dari kegiatan seminar dan workshop," kata Syaiful dalam keterangannya, Minggu 26 Februari 2023. 

Celine Dion Ungkap Penyakit Langka yang Dideritanya: "Saya Berharap Ada Keajaiban"

"Sementara, dari kegiatan pameran alat kesehatan dan farmasi, mereka mendapatkan update tentang teknologi terkini. Jadi yang didapat di sini sangat lengkap, mulai isu terbaru hingga inovasi-inovasi terkini di bidang medis,” sambungnya. 

Syaiful merinci, pada kelas workshop dibahas topik tata kelola pelayanan dan sistem asuhan keperawatan, keselamatan pasien, kesehatan dan keselamatan kerja, kebencanaan serta etika dan hukum. 

Terkait Medan Hospital Expo, Yudha Imam Sutedja, S.Kom, M.M., Direktur Marketing & Finance PT. Okta Sejahtera Insani, selaku penyelenggara pameran ini memaparkan, ajang kali ini diikuti 46 perusahaan yang menempati 56 booth. Peserta merupakan industri alat kesehatan yang dibutuhkan RS serta keperluan pribadi di rumah, serta RS di wilayah Sumatera Utara. 

"Medan Hospital Expo pertama kali diadakan kembali pasca pandemi COVID-19, dan jika dibandingkan dengan acara terakhir sebelum pandemi, jumlah perusahaan yang berpartisipasi lebih banyak. Terlihat antusiasme perusahaan untuk memperkenalkan produk-produknya kepada calon user, mereka berasal dari dalam dan luar negeri," kata Yudha. 

Peralatan kesehatan terkini yang dipamerkan, kata Yudha, sangat beragam, mulai dari peralatan diagnosa, baju seragam RS, alat emergensi, alat diagnosa pribadi seperti cek gula darah, termometer, sampai alat-alat pendukung lainnya seperti mesin laundri, sistem informasi digital RS, serta peralatan kamar dan tempat tidur pasien.

Yudha menyatakan, acara ini menargetkan sekitar 2.500 pengunjung, utamanya adalah para pelaku layanan fasilitas kesehatan, baik itu yang mengikuti rangkaian Seminar dan Workshop Perumahsakitan yang diselenggarakan PERSI Wilayah Sumatera Utara maupun yang datang hanya untuk pameran, serta tentunya masyarakat umum. 

Yudha optimis, pameran ini dapat menjadi pendorong tumbuh kembangnya industri alat kesehatan sekaligus memenuhi kebutuhan RS untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Selain itu, expo ini juga diharapkan mendorong masyarakat agar lebih peduli mengenai kesehatan diri dan keluarga. 

"Banyak penyakit yang bisa dikurangi dampaknya atau bahkan dihindari apabila dideteksi sejak dini, sejumlah peranti cek kesehatan mandiri itu disediakan dalam pameran ini. Jadi marilah kita menuju Indonesia Sehat!” tutup Yudha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya