WHO Peringati Bahaya Flu Burung Usai Bocah 11 Tahun Meninggal Dunia

Flu burung di Kamboja.
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Lifestyle – Seorang pejabat tinggi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bereaksi terhadap kabar seorang gadis berusia 11 tahun di Kamboja yang meninggal dunia akibat terinfeksi flu burung. WHO mengatakan bahwa penyebaran virus global baru-baru ini dan infeksi pada manusia semakin mengkhawatirkan.

WHO: Jika Pasien RS Al Shifa Gaza Tak Dievakuasi, Maka Akan Ada Lebih Banyak Kematian

"Kami berkomunikasi erat dengan pihak berwenang Kamboja untuk memahami lebih banyak tentang wabah tersebut," ujar direktur WHO untuk kesiapsiagaan dan pencegahan epidemi dan pandemi, Dr. Sylvie Briand, dikutip laman 9News.

Berbicara menjelang pertemuan di Jenewa tentang vaksin influenza, Briand menyebut situasi global terkait virus tersebut mengkhawatirkan. Hal ini mengingat penyebaran virus yang luas pada unggas di seluruh dunia, dan meningkatnya laporan kasus pada mamalia, termasuk manusia.

Waspada! Flu Singapura Merebak, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Ilustrasi flu burung.

Photo :
  • Antara FOTO.

“WHO mengambil risiko dari virus ini dengan serius dan mendesak kewaspadaan yang lebih tinggi dari semua negara,” katanya.

10 Negara Termurah untuk Dikunjungi di Tahun 2024

Pakar independen itu juga telah menyatakan keprihatinan atas gelombang flu burung yang telah menyebar ke sebagian besar dunia sejak akhir 2021, yang menimbulkan potensi risiko kesehatan masyarakat.

Ada pun, Anak perempuan di Kamboja, dari sebuah desa di provinsi tenggara Prey Veng, meninggal Rabu di sebuah rumah sakit di ibu kota, Phnom Penh, tak lama setelah tes memastikan dia menderita flu burung Tipe A H5N1, menurut Kementerian Kesehatan Kamboja. Dia jatuh sakit pada 16 Februari, dan ketika kondisinya menurun dia dikirim ke rumah sakit dengan demam setinggi 39 derajat Celcius (102 derajat Fahrenheit) disertai batuk dan sakit tenggorokan.

"Ayah gadis itu dinyatakan positif terkena virus tetapi belum menunjukkan gejala utama apa pun," kata otoritas kesehatan.

Penyelidikan Penularan Antar Manusia

Flu burung biasanya menyebar di antara unggas yang sakit, tetapi terkadang dapat menyebar dari unggas ke manusia. Deteksi infeksi baru-baru ini pada berbagai mamalia, termasuk di peternakan cerpelai besar di Spanyol, telah menimbulkan kekhawatiran di antara para ahli bahwa virus dapat berevolusi untuk menyebar lebih mudah di antara manusia, dan berpotensi memicu pandemi.

Ilustrasi flu burung lewat unggas

Photo :
  • Times of India

Juru bicara Kementerian Kesehatan Ly Sovann mengatakan kepada The Associated Press bahwa kasus ayah Kamboja itu sedang diselidiki, dan belum diketahui bagaimana dia bisa terinfeksi. Dia telah diisolasi di rumah sakit distrik setempat untuk pemantauan dan perawatan.

Tim kementerian mengumpulkan sampel dari 12 orang dari desa gadis yang meninggal itu yang diketahui telah melakukan kontak langsung dengannya, dan tes laboratorium mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa hanya ayahnya yang terinfeksi.

Profesional kesehatan telah menyatakan keprihatinan tentang gelombang flu burung yang telah menyebar ke seluruh dunia dalam satu setengah tahun terakhir, tetapi menganggap risiko saat ini terhadap manusia rendah.

“Ada tantangan global besar-besaran burung liar dan peliharaan dengan virus flu burung H5N1 saat ini selama beberapa bulan dan tahun terakhir, yang akan menularkan banyak manusia; meskipun demikian, yang luar biasa adalah betapa sedikit orang yang telah terinfeksi," kata profesor James Wood, kepala departemen kedokteran hewan di Universitas Cambridge Inggris, dalam sebuah pernyataan email.

"Tragisnya kasus di Kamboja ini, kami memperkirakan akan ada beberapa kasus penyakit klinis dengan infeksi yang begitu luas. Jelas bahwa virus tersebut memerlukan pemantauan dan pengawasan yang cermat untuk memastikan bahwa ia tidak bermutasi atau bergabung kembali, tetapi jumlah kasus yang terbatas dari penyakit manusia belum meningkat secara nyata dan satu kasus ini sendiri tidak menandakan situasi global tiba-tiba berubah,” tambah Wood.

Petugas kesehatan Kamboja melakukan edukasi flu burung.

Photo :
  • AP Photo

Flu Burung Picu Kematian

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, ada 56 kasus flu burung pada manusia di Kamboja dari tahun 2003 hingga 2014, dan 37 di antaranya berakibat fatal. Secara global, sekitar 870 infeksi pada manusia dan 457 kematian telah dilaporkan ke WHO di 21 negara, dengan tingkat kematian keseluruhan sebesar 53%. Tetapi kecepatannya melambat, dan ada sekitar 170 infeksi dan 50 kematian dalam tujuh tahun terakhir. Dalam sebagian besar kasus, orang yang terinfeksi mendapatkannya langsung dari unggas yang terinfeksi.

“Antara tahun 2005 dan 2020, 246 juta unggas mati atau dimusnahkan karena flu burung,” kata Organisasi Kesehatan Hewan Dunia.

“Sejak Oktober 2021, jumlah wabah yang belum pernah terjadi sebelumnya telah dilaporkan di beberapa wilayah di dunia, mencapai wilayah geografis baru dan menyebabkan dampak buruk pada kesehatan dan kesejahteraan hewan,” kata badan yang berbasis di Paris itu di situs webnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit A.S. setuju bahwa wabah H5N1 saat ini sebagian besar merupakan masalah kesehatan hewan. Namun, orang harus menghindari kontak langsung dan dekat dengan burung liar, unggas, dan hewan liar yang sakit atau mati.

“Orang tidak boleh mengonsumsi unggas atau produk unggas mentah atau kurang matang, termasuk telur mentah. Mengkonsumsi yang dimasak dengan benar unggas, produk unggas, dan telur aman," tulis CDC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya