Benarkah Konsumsi Daging dan Telur Unggas Berisiko Terinfeksi Flu Burung?

Telur ayam (ilustrasi)
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Badan Inspeksi Pangan Kanada (CFIA) dan Kesehatan Kanada menegaskan bahwa wabah flu burung belum pernah terjadi sebelumnya di negara manapun. Akan tetapi, risiko penularan mulai terlihat antara unggas ke hewan mamalia yang memicu keresahan para pakar.

Suami Mutilasi Istri di Ciamis Ditahan Disel Khusus, Polisi Ungkap Alasannya

"Jutaan burung telah terinfeksi di seluruh dunia, termasuk lebih dari 7,2 juta di Kanada,” kata CFIA kepada Global News, dikutip VIVA, Senin 27 Februari 2023. Scroll untuk informasi selengkapnya.

CFIA menambahkan bahwa wabah tersebut mulai terjadi di Amerika Serikat dan negara lain di seluruh dunia. Avian influenza, juga dikenal sebagai flu burung, biasanya menyebar di antara berbagai spesies burung baik domestik maupun liar. 

Daftar Harga Pangan 30 April 2024: Cabai Merah, Daging Sapi hingga Gula Naik Lagi

Ilustrasi flu burung.

Photo :
  • Antara FOTO.

Dalam kasus yang cukup jarang, virus dapat menyebar dari burung ke manusia. Seperti yang terjadi di Kamboja, di mana seorang gadis berusia 11 tahun, yang tinggal di dekat kawasan konservasi, dilaporkan meninggal karena virus tersebut.

Daftar Harga Pangan 29 April 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Pejabat kesehatan mengatakan awal pekan ini bahwa kematian gadis itu adalah infeksi H5N1 manusia pertama yang diketahui di negara itu sejak 2014. Ayahnya juga dinyatakan positif tetapi tidak menunjukkan gejala utama.

Kasus-kasus tersebut menimbulkan kekhawatiran bahwa virus dapat berevolusi untuk menyebar lebih mudah di antara orang-orang, berpotensi memicu keadaan darurat kesehatan.

"infeksi manusia dengan flu burung A (H5N1) jarang terjadi dan menimbulkan risiko rendah bagi masyarakat umum yang memiliki kontak terbatas dengan hewan yang terinfeksi," kata CFIA.

Risiko Penularan Rendah ke Manusia
Sejak 1997, ada lebih dari 800 kasus flu burung A(H5N1) pada manusia yang dilaporkan di seluruh dunia, sebagian besar terjadi di Afrika dan Asia, kata Health Canada. Sekitar setengah dari kasus yang teridentifikasi pada manusia berakibat fatal.

Satu-satunya kasus flu burung pada manusia yang pernah dilaporkan di Kanada adalah pada tahun 2014, kata badan tersebut, menambahkan bahwa kasus fatal terjadi setelah perjalanan ke China, di mana diyakini orang tersebut terinfeksi.

Gejala flu burung pada manusia dapat menyerupai gejala penyakit umum lainnya, seperti demam, batuk, nyeri otot, dan sakit tenggorokan.

“Virus avian influenza A(H5N1) yang dominan sekarang beredar secara global di antara unggas berbeda dari virus A(H5N1) sebelumnya. Virus flu burung terus berubah, yang dapat memengaruhi seberapa mudah virus menyebar dari burung ke hewan lain, termasuk manusia, dan juga seberapa parah penyakitnya,” tambah badan tersebut.

Risiko Penularan Lewat Makanan
CFIA juga menjelaskan bahwa infeksi flu burung A(H5N1) pada manusia jarang terjadi dan sebagian besar terjadi setelah kontak dekat dengan unggas yang terinfeksi atau lingkungan yang sangat terkontaminasi seperti peternakan unggas atau pasar unggas hidup.

"Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa memakan daging unggas atau telur yang dimasak dengan matang dapat menularkan virus flu burung ke manusia,” kata badan tersebut.

Selanjutnya juga dijelaskan bahwa virus menyebar melalui kontak langsung dengan unggas hidup yang sakit atau permukaan dan benda yang terkontaminasi oleh kotorannya.

"Akibatnya, pemburu makanan tradisional, seperti angsa liar dan bebek, dan orang yang menyiapkan makanan ini mungkin berisiko lebih tinggi," pungkas Health Canada.

Ilustrasi flu burung lewat unggas

Photo :
  • Times of India

Untuk membantu mengurangi risiko apa pun, agensi tersebut merekomendasikan orang Kanada untuk memasak hewan buruan secara menyeluruh hingga suhu internal sekitar 71 C (160 F), dan menghindari kontak langsung dengan darah, kotoran, dan sekresi pernapasan semua burung liar.

Mereka juga merekomendasikan orang untuk tidak makan, minum atau merokok saat membersihkan burung buruan liar dan memakai sarung tangan pencuci piring atau sarung tangan lateks saat menangani atau membersihkan buruan.

"Belum ada kasus virus pada manusia yang diketahui di Kanada terkait dengan wabah saat ini. Meskipun kasus HPAI H5N1 pada manusia telah tercatat di beberapa negara, belum ada bukti penularan berkelanjutan dari manusia ke manusia,” kata CFIA.

Tetap Rentan Menginfeksi Manusia
Jonathan Ball, profesor virologi molekuler di Universitas Nottingham Inggris, mengatakan kepada The Associated Press bahwa selalu ada risiko infeksi pada manusia meskipun kemungkinannya rendah. Virus ini terus bermunculan di berbagai mamalia dan ini berpotensi meningkatkan kemungkinan infeksi lebih lanjut pada manusia. 

"Risiko terhadap manusia masih sangat rendah, tetapi penting bagi kita untuk terus memantau peredaran flu baik pada populasi burung maupun mamalia dan melakukan segala yang kita bisa untuk mengurangi jumlah infeksi yang terlihat,” kata Ball.

CFIA mengatakan telah memantau situasi dan telah mengaktifkan tim tanggapan ahli, termasuk dokter hewan, dan staf administrasi dan lapangan, untuk mengkoordinasikan tindakan dengan mitra dan industri federal, provinsi dan kota untuk membantu mencegah penyebaran flu burung.

“CFIA menanggapi keberadaan HPAI H5N1 di kawanan kecil, peternakan komersial dan non-komersial dengan burung di seluruh Kanada,” kata agensi tersebut.

“Tanggapan tersebut membantu menghilangkan dan mencegah penyebaran HPAI pada unggas sambil meminimalkan dampak penyakit tersebut pada warga Kanada dan perdagangan internasional,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya