10 Kota di Asia Tenggara dengan Pelayanan Kesehatan Terbaik

Ilustrasi dokter.
Sumber :
  • www.pixabay.com/jennycepeda

VIVA Lifestyle – Berobat ke luar negeri belakangan ini sering menjadi opsi yang dilakukan sebagai masyarakat di tanah air. Sebut saja negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura diketahui menjadi salah satu tujuan untuk berobat. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Kedua negara tersebut selalu menjadi pilihan masyarakat tanah air untuk berobat. Ada berbagai alasan mengapa masyarakat tanah air memilih untuk berobat ke luar negeri mulai dari dokter dan perawat yang berpengalaman, serta teknologi yang canggih serta modern.

Berbicara mengenai perawatan kesehatan di Asia Tenggara, melansir laman Numbeo, setidaknya ada 10 kota di Asia Tenggara yang disebut-sebut sebagai kota dengan perawatan kesehatan terbaik menurut skor Indeks Perawatan Kesehatan per awal tahun 2023.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Ilustrasi rumah sakit.

Photo :
  • Pexels/Saulo Zayas

Chiang Mai di Bangkok menjadi kota dengan perawatan kesehatan terbaik di Asia Tenggara dengan skor 84,1 poin. Disusul Bangkok Thailand dengan skor 77,1 di posisi kedua.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Di urutan ketiga ada Pattaya, Thailand dengan skor 75,3 sementara itu di posisi keempat Kolombo Sri Lanka dengan skor 71,9 disusul Singapura dengan skor 70,9. 

Malaysia diposisi keenam dengan skor 68,1. Manila Filipina di posisi ketujuh dengan skor 63,7 disusul Ho Chi Min City, Vietnam di posisi ke dalam dengan skor 59,9, Hanoi diposisi kesembilan dengan skor 58,6 dan di posisi kesepuluh adalah Jakarta dengan skor 56,6.

Jika secara global kota dengan perawatan kesehatan terbaik di dunia ditempati Taipe, Taiwan dengan skor 86,4 dan disusul Kaohsiung, Taiwan dengan skor 86,4 di posisi kedua disusul tempat ketiga yakni Chiang Mai Thailand dengan skor 84,3. 

Sementara posisi Jakarta Indonesia di global berada pada posisi 54 dengan skor 56,6. 

Sementara itu, berbicara mengenai pengobatan di luar negeri, Ramsay Sime Darby Health Care (RSDH), adalah sebuah provider layanan kesehatan terkemuka di Malaysia dan Indonesia berpartisipasi di pameran kesehatan MHExpo yang diselenggarakan oleh Malaysian Healthcare Travel Council (MHTC) di Jakarta mulai dari 23 hingga 26 Februari.

Ilustrasi dokter/rumah sakit.

Photo :
  • Freepik

RSDH mengelola 4 rumah sakit di Malaysia dan 3 rumah sakit di Indonesia. Subang Jaya Medical Centre (SJMC). Rumah sakit SJMC dikenal dengan onkologi terbaik di kelasnya dan prosedur inovatif di bidang kardiologi, hematologi, ortopedi, dan radiologi intervensi. 

Rumah sakit ini diketahui telah berhasil menangani lebih dari 800 kasus transplantasi tulang sumsum untuk orang dewasa dan anak-anak, dan lebih dari 50.000 prosedur Radiologi Intervensional (RI), selain itu rumah sakit ini juga merupakan rumah sakit swasta pertama di Malaysia yang berhasil melakukan operasi penggantian lutut total dengan pelayanan rawat sehari.

Ketiga rumah sakit grup RSDH lainnya di Malaysia yaitu, Ara Damansara Medical Centre (ADMC), ParkCity Medical Centre (PMC), and Bukit Tinggi Medical Centre (BTMC), juga merupakan rumah sakit yang masing-masing memiliki spesialisasi unggulan pada pelayanan bidang orthopaedi, ophthalmologi, kardiologi, layanan ibu dan anak, bedah plastik dan dermatologi.

“Setiap orang harus memiliki akses kepada layanan kesehatan yang berkualitas, dari manapun mereka berasal. Oleh karena itu kami berkomitmen untuk selalu memastikan bahwa setiap orang yang datang kepada kami akan mendapatkan tingkat pelayanan dan perawatan yang tertinggi,” kata RSDH Group CEO, Peter Hong dalam keterangannya.

Di sisi lain dengan banyaknya pasien Indonesia saat ini mencari pengobatan di luar negeri, terutama di Singapura, namun dengan apa yang ditawarkan Ramsay Sime Darby, mereka kini memiliki pilihan untuk mencari layanan kesehatan berkualitas tinggi dengan harga yang jauh lebih terjangkau di Malaysia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya