Inovasi Dunia Kesehatan, Teknologi Terkini Penanganan Kanker Diluncurkan

Ilustrasi penyakit kanker.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Rumah Sakit  KPJ Damansara pada Selasa 28 Februari 2023 kemarin memperkenalkan teknologi terkini penanganan kanker bernama Elektra Versa HD Linear Accelerator (LINAC). Peluncuran tersebut dihadiri oleh Menteri Kesehatan Malaysia, YB Dr. Zaliha Mustafa, serta pengurus Grup RS KPJ Malaysia.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

RS KPJ Damansara merupakan bagian dari Grup RS KPJ, penyedia layanan kesehatan terbesar di Malaysia, yang memiliki 29 rumah sakit tersebar di hampir setiap kota, termasuk di Kuala Lumpur, Selangor, Johor, Kuching, dan Penang.

LINAC adalah sistem akselerator linier canggih yang digunakan untuk memberikan bentuk pengobatan yang paling akurat dan aman bagi pasien kanker. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Teknologi ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti sofa robotik 6D, Surface Guided Catalyst HD, dan sistem perencanaan perawatan versi terbaru, Sistem Informasi Monaco dan Onkologi atau "Mosaiq".

"LINAC adalah salah satu teknologi terkini pengobatan kanker, termasuk kanker di paru-paru, leher, prostat, payudara, dan banyak lagi. Dengan teknologi ini, pasien dapat menjalani rawatan kanker dengan aman, selain efek samping yang sangat minim," jelas Dr. Aminudin, Spesialis Onkologi di RS KPJ Damansara.

Meninggal Dunia, Hilbram Dunar Ternyata Berjuang Melawan Kanker Sejak Tahun Lalu

"Bagi pasien internasional, teknologi ini secara tidak langsung membantu pasien untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit dengan waktu yang lebih singkat dan biaya yang lebih terjangkau," imbuhnya.

RS KPJ Damansara beroperasi sejak tahun 1997 dan kini memiliki hampir 228 kamar dengan kurang lebih 117 spesialis dan subspesialis. RS KPJ Damansara dilengkapi dengan teknologi terkini untuk perawatan kanker, seperti 3D mammogram, CT Scan, dan Elektra Versa HD Linear Accelerator ("LINAC").

Rumah Sakit ini juga telah merawat hampir 12.000 pasien internasional pada tahun 2022 dari beberapa negara, termasuk Indonesia. Selain Dr. Aminudin dan Dr. Sangeetha, beberapa spesialis onkologi lainnya juga menggunakan teknologi yang sama untuk merawat pasien kanker di RS KPJ Damansara.

"Sebagai rumah sakit terbesar di Malaysia, kami selalu memastikan pasien mendapatkan yang terbaik, termasuk kualitas pengobatan dan layanan kesehatan di setiap Grup RS KPJ. Saat ini, kami memiliki hampir 5 pusat kanker di Kuala Lumpur (RS KPJ Damansara dan RS KPJ Ampang Puteri), Johor (RS KPJ Johor), Ipoh (RS KPJ Ipoh), dan Sabah (RS KPJ Sabah)," kata Puan Haizam, Officer In-Charge Grup RS KPJ.

Grup RS KPJ telah diakui sebagai Rumah Sakit Terbaik Malaysia selama beberapa tahun berturut-turut dan juga menyediakan Pusat Layanan Pasien Internasional (IPC) untuk membantu pasien mendapatkan informasi terbaru, termasuk layanan konsultasi jarak jauh gratis, antar jemput dari bandara, perpanjangan visa, dan layanan tanpa uang tunai untuk pasien asuransi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya