Demam Mendadak-Kulit Kuning, Ini Gejala Wabah Leptospirosis di Musim Hujan

Awas bahaya wabah Leptospirosis
Sumber :
  • IG @sehatbareng.id

VIVA Lifestyle – Dinas Kesehatan Pacitan melaporkan terdapat 5 kasus leptospirosis dengan jumlah kematian sebanyak 6 orang. Angka ini semakin meningkat dari sebelumnya total pasien leptospirosis dengan 112 kasus dengan 3 kematian diantaranya.

Kemenkes Catat Lebih dari 60 Ribu Kasus DBD di Indonesia, Pemudik Harus Waspada

Menurut Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji, peningkatan kemampuan dalam mencegah, mendeteksi, dan merespons wabah penyakit ini diperlukan dalam pengendalian dan penanggulangan penyakit.

Perlu dilakukan penilaian risiko yang dilakukan bersama lintas sektor di daerah. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Bentrok Kelompok Rontek di Pacitan Meluas: Kendaraan Pemudik Rusak Dilempar Batu

Sehingga kebijakan serta strategi pencegahan dan pengendalian dapat tepat sasaran. Apalagi Leptospirosis sudah berdampak ke ekonomi dan lainnya. 

“Penting untuk melakukan deteksi dini terhadap Zoonosis ini agar tidak merambah menjadi wabah seperti halnya COVID-19. Maka penting untuk melakukan kolaborasi yang kuat antar sektor, sehingga dapat memperkuat kapasitas sistem untuk mendeteksi ancaman penyakit yang datang,” ujar Mas Aji sapaan akrab Bupati Pacitan.

Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

Awas bahaya wabah Leptospirosis

Photo :
  • IG @explore.bantul

Mengenal Gejala dan Pencegahan Leptospirosis

Dikutip laman Kementerian Kesehatan, memasuki musim penghujan, masyarakat Indonesia diharapkan dapat bisa mulai waspada dengan datangnya bencana banjir, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir.

Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat siap dan terhindar dari berbagai kemungkinan terburuk dari datangnya banjir, salah satunya kehilangan barang berharga hingga terserang penyakit penyerta banjir.

Salah satu penyakit penyerta banjir yang jarang diketahui oleh masyarakat adalah penyakit Leptospirosis.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang ditularkan melalui kencing tikus berupa bakteri yang masuk melalui kulit yang lecet atau selaput lendir pada saat kontak dengan banjir atau genangan air sungai hingga selokan dan lumpur.

Gejala Leptospirosis

Berikut ini adalah gejala penyakit leptospirosis yang dapat dirasakan oleh pasien yang terjangkit, diantaranya adalah:

1. Demam Mendadak

2. Lemah

3. Mata merah

4. Kekuningan pada kulit

5. Sakit kepala

6. Nyeri otot betis

Banjir dan Bahaya Leptospirosis

Photo :
  • vstory

Pencegahan penyakit Leptospirosis

Dengan mengetahui berbagai gejala yang ditimbulkan apabila pasien terpapar bakteri Leptospirosis, mengetahui Tindakan pencegahan juga merupakan hal yang penting untuk diketahui, diantaranya adalah:

1. Menggunakan sarung tangan dan sepatu boots saat membersihkan rumah/selokan

2. Mencuci tangan dengan sabun setelah selesai beraktivitas.

Dengan mengetahui berbagai hal di atas, diharapkan masyarakat dapat bersiap dan berhati-hati terhadap penyakit penyerta banjir, seperti Leptospirosis.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala Leptospirosis seperti yang telah disebutkan diatas, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari para petugas kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya