Bukan Bersih, Terlalu Sering Mandi Bisa Sebabkan Masalah Kulit Ini

Ilustrasi mandi
Sumber :
  • The Sun

VIVA Lifestyle – Aktivitas luar ruangan di bawah terik matahari dan terpapar polusi dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kulit. Salah satunya adalah membuat kulit menjadi kering dan kusam. 

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Selain harus dalam keadaan yang bersih, kulit yang sehat juga ditandai dengan kelembapan yang cukup sehingga kulit tidak mudah sensitif atau iritasi. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Beberapa faktor bisa menyebabkan kulit kering, selain karena paparan sinar matahari dan polusi, kurang vitamin, salah menggunakan produk perawatan, hingga mandi terlalu sering juga bisa membuat kulit terasa kering lho.

Kapan Bumi Kiamat?

Ilustrasi wanita/kulit wajah.

Photo :
  • Freepik/freepik

"Mandi berlebihan dan terlalu banyak membersihkan justru bisa membuat kulit kering. Apalagi kalau pakai sabun yang kurang tepat. Mungkin seseorang itu secara genetik kulitnya sudah kering, ditambah lagi terlalu sering mandi," jelas Dermatologist, Dr. dr. Fitria Agustina, SpKK, FINSDV, FAADV dalam acara The Launch of Aveeno Skin Relief, di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu 8 Maret 2023.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Selain itu, kondisi lingkungan juga dapat memengaruhi kelembapan kulit. Misalnya, berada di ruangan ber-AC terlalu lama dapat menyebabkan air di permukaan kulit menguap lebih banyak, sehingga kulit akan kekurangan cairan.

"Kalau kita di ruangan ber-AC, air yang menguap dari permukaan kulit akan sangat banyak. Termasuk juga saat tidur. Makanya lebih baik memakai pelembap atau losion sebelum tidur untuk menjaga kelembapan kulit," tambahnya.

Adapun tips untuk merawat kelembapan alami kulit adalah dengan membersihkannya menggunakan sabun yang memberikan efek lembap. 

Setelah kulit dibersihkan, keringkan dengan handuk atau tisu lalu dalam jangka waktu 10-30 menit langsung gunakan losion agar produk bisa meresap bersamaan dengan air yang tersisa di permukaan kulit.

Ilustrasi lotion/pelembap/skincare.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

"Losion itu manfaatnya banyak banget. Bisa mengurangi gatal, apalagi kalau yang punya bahan aktif yang berfungsi untuk menenangkan itu juga bisa mengurangi peradangan, menyembuhkan luka, dan mencegah pembelahan sel yang berlebihan," kata dokter Fitria.

Selain itu, menjaga gaya hidup sehat, konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan minum air yang cukup juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, sehingga kandungan air dalam kulit bisa tetap terjaga dan meningkatkan kelembapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya