8 Makanan 'Haram' Dikonsumsi, Picu Obesitas Hingga Lonjakan Gula Darah

lingkar pinggang, obesitas, kegemukan
Sumber :
  • Pixabay/ Bru-No

VIVA Lifestyle – Menginginkan setangkup roti hangat yang besar dan lembut tidak berarti tubuh Anda kekurangan asupan gula. Alih-alih tubuh mengalami lonjakan gula darah lantaran keinginan makan yang kurang baik, pakar ungkap sumber nutrisi yang pantang dikonsumsi untuk cegah penumpukan lemak jahat serta bahaya diabetes.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Mengidam makanan tertentu sebenarnya tidak ada hubungannya dengan nutrisi dan banyak hubungannya dengan kimiawi otak tentang kesenangan akan rasa makanan. Mengidam mungkin berpusat pada tekstur seperti krim atau renyah, mungkin juga karena rasa yang manis dan asin. Yuk, scroll untuk informasi selengkapnya.

Tetapi, semuanya memiliki kesamaan di mana makan berlebihan dapat menyabotase pola makan Anda yang berdampak pada penumpukan lemak sehingga berujung obesitas serta memicu lonjakan gula darah yang berdampak diabetes. Berikut 8 pantangan makanan ringan yang memicu tumpukan lemak dan lonjakan gula darah dikutip laman WebMD, Rabu 8 Maret 2023.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Ilustrasi es krim.

Photo :
  • Pixabay/picjumbo_com

Es krim
Orang yang mengidam cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh yang lebih tinggi, tidak mengherankan karena makanan penggemukan sering menjadi objek keinginan. 

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Perpaduan rasa dingin, lembut, dan manis membuat es krim menjadi suguhan yang tak tertahankan, namun mahal dalam hal kalori. Satu porsi es krim vanilla memiliki 230 kalori. Pakar menganjurkan untuk mengonsumsi setengah cangkir es krim saja sehingga memiliki lebih sedikit lemak dan setengah kalori.

Keripik kentang
Perpaduan rasa asin dan renyah itulah yang membuat keripik kentang menjadi daya pikatnya. Bergantung pada rasanya, satu kantong makanan ringan 1 ons memiliki setidaknya 150 kalori. 

Dikonsumsi sebanyak kantong besar 8 ons dan Anda melihat 1.230 kalori. Lebih baik, rebus sayuran seperti wortel dicelup pada bumbu penuh rempah yang gurih. Anda akan mendapatkan rasa yang memuaskan dengan lebih sedikit kalori dan lebih banyak nutrisi.

Cokelat
Hampir separuh wanita Amerika mendambakan konsumsi cokelat secara teratur. Ada banyak teori yang menjelaskan alasannya, mulai dari kekurangan magnesium hingga perubahan suasana hati. 

Tapi satu hal yang pasti, menenggak cokelat adalah cara cepat untuk menambahkan beberapa ratus kalori ekstra ke hari Anda. Dianjurkan dengan memilih sekotak kecil cokelat hitam kakao tinggi. Ini memiliki lebih sedikit lemak daripada cokelat biasa dan mungkin baik untuk jantung.

Ilustrasi bioskop/popcorn/menonton film.

Photo :
  • Freepik/freepik

Popcorn
Kadang-kadang sebuah momen dapat memicu keinginan, seperti keinginan untuk konsumsi popcorn di bioskop. Memori memainkan peran besar dalam mengidam di mana Anda pernah menikmati popcorn di bioskop sebelumnya, jadi Anda mengharapkannya lagi. 

Popcorn sendiri bisa menjadi makanan ringan yang sehat, tetapi di bioskop cenderung memasukkannya ke dalam minyak kelapa dan menambahkannya dengan saus mentega. Hasilnya: 400 hingga 1.200 kalori per bak! Pilihan lebih baik, hindari pakai saus mentega.

Daging merah
Apakah Anda merasa makan bukanlah makanan tepat kecuali jika melibatkan sebongkah besar daging? Kabar baiknya adalah Anda tidak harus melepaskan daging untuk mencapai berat badan yang sehat, pilih-pilih saja potongan Anda. 

Steak sayap yang khas memiliki sekitar 700 kalori atau lebih banyak jika Anda tidak memangkas lemaknya. Pilih satu potongan daging tanpa lemak memiliki 170 kalori atau petit filet mignon dengan 278 kalori.

Pasta
Pasta menempati urutan lima besar makanan favorit di banyak negara. Masalahnya kebanyakan orang makan pasta putih, yang dibuat dengan tepung olahan. Pasta putih hanya memiliki seperlima serat pasta gandum, yang berarti mungkin perlu lebih banyak untuk membuat Anda kenyang. 

Saus pasta juga bisa menjadi pembunuh diet. Semangkuk besar fettuccine Alfredo mengandung 800 hingga 1.200 kalori. Jadikan pilihan lebih sehat dengan makan pasta gandum ditaburi saus berbahan dasar sayuran.

Ilustrasi kentang goreng.

Photo :
  • U-Report

Kentang goreng
Siapa tak suka kentang goreng? Sisi asin gurih ini sulit ditolak saat memesan di drive-thru. Tetapi pesanan kentang goreng dalam jumlah besar dapat memiliki kalori sebanyak burger - sekitar 500 kalori di restoran cepat saji pada umumnya.

Asupan lebih sehat dengan pilih salad pendamping atau secangkir buah, jika tersedia. Atau jika Anda kurang suka, silakan pesan kentang goreng tetapi batasi diri Anda hingga lima atau enam potong

Kopi
Mengidam kopi mungkin melampaui keinginan makanan khas Anda, berkat kekuatan kafein yang membuat ketagihan. Anda mungkin merasa tidak dapat sepenuhnya bangun tanpa dosis minuman ini di pagi hari. Untungnya, kopi memiliki kalori yang sangat sedikit. 

Tidak, sampai Anda mengisinya dengan krim dan sirup manis. Latte dan moka rasa besar dapat memiliki lebih dari 400 kalori. Pilihan lebih sehat pakai susu tanpa lemak atau susu kedelai.

Cara Sederhana Mengontrol Ngidam Makanan Tak Sehat

Makan Camilan Sehat
Jika mengidam menyerang saat Anda lapar, cobalah makan camilan sehat di antara waktu makan. Merencanakan camilan Anda dengan hati-hati dapat membantu Anda menahan rasa lapar - dan mengidam -. Kontrol porsi sangat penting - setiap camilan harus kurang dari 200 kalori. Pilihan yang baik termasuk yogurt dengan buah segar, telur rebus, smoothie buah, atau paprika dan saus kacang.

Jalan-jalan
Anda sudah tahu bahwa olahraga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar kalori. Namun kini ada bukti bahwa jalan cepat dapat membantu Anda makan lebih sedikit makanan manis. 

Ilustrasi lansia.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, peserta yang berjalan kaki selama 15 menit memiliki kemungkinan setengahnya untuk makan cokelat di meja mereka dibandingkan dengan mereka yang beristirahat selama 15 menit.

Diet Rendah Karbohidrat
Menempatkan makanan favorit terlarang dapat membuat Anda mendambakannya dalam jangka pendek, tetapi sebaliknya mungkin benar di kemudian hari. Demikian kesimpulan sebuah studi dalam jurnal Obesity. 

Setelah menjalankan diet rendah karbohidrat selama dua tahun, sekelompok orang dewasa yang kelebihan berat badan sangat menginginkan karbohidrat dan makanan bertepung lebih sedikit. Kelompok kedua yang mengikuti diet rendah lemak melaporkan lebih sedikit mengidam makanan berlemak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya