5 Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan, Bisa Pantang Batal Puasa

Ilustrasi pola hidup sehat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan penuh rahmat dan ampunan, sehingga harus kita isi dengan ibadah secara optimal. Untuk bisa melakukan amaliah Ramadhan dengan sebaik-baiknya itu, tubuh harus sehat dan bugar.

Daud Kim, YouTuber Terkenal Asal Korea Selatan Ini Gigih Bangun Masjid di Incheon

Dilansir dari laman Unit Pelayanan Kesehatan (UPK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Jumat, 10 Maret 2023, diberikan tips menjaga kesehatan selama Bulan Ramadhan agar kondisi tubuh senantiasa berada dalam kondisi yang fit dan siap untuk menjalani ibadah dan aktivitas:

Ilustrasi sarapan sehat

Photo :
  • Pixabay/ Einladung_zum_Essen
5 Potret Paula Verhoeven Berhijab, Cantik dan Anggun!

1. Pola Makan Sahur yang Baik

Sahur memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas saat siang hari. Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang serat tinggi seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan rasa kantuk di siang hari.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

2. Pola Makan Saat Berbuka

Langsung mengonsumsi makanan yang banyak saat berbuka puasa, akan menyebabkan perut menjadi sesak, sehingga makan makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan mengonsumsi air putih dan sedikit makanan manis.

 3. Menjaga Pola Makan Malam

Ilustrasi sedang makanan.

Photo :
  • Pexels/Rachel Claire

Makan malam terlalu banyak pada malam hari akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas, sehingga harus dihindari. Selain itu juga hindari konsumsi kopi dan soda karena akan menyebabkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak.

4. Aktivitas Fisik, Minimal 30 Menit

Ilustrasi olahraga lari

Photo :
  • Dok. Istimewa

Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik tetap sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh. dengan melakukan aktivitas fiksi dengan waktu 30 menit, tubuh kamu akan teras bugar dan rileks ketika menjalani ibadah puasa.

5. Menjaga Pola Tidur

ilustrasi tidur

Photo :
  • U-Report

Jika harus melakukan persiapan untuk sahur dan bangun di pagi hari, maka hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting. 

Selain itu, selama sebulan penuh, umat Islam akan menjalani hari-hari dengan pola makan, pola tidur, bahkan pola kerja yang berubah. Oleh karena itu sebelum tiba Bulan Puasa, tubuh harus sudah siap dengan mengonsumsi nutrisi yang sama dengan nutrisi yang dikonsumsi di Bulan Ramadhan.

Dengan menerapkan 5 panduan hidup sehat diatas, diharapkan mampu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya