Ibu Hamil Puasa Selama Ramadhan, Ini Tips Supaya Kebutuhan Nutrisi Tetap Terpenuhi

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/user18526052

VIVA Lifestyle – Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk memenuhi nutrisi harian baik bagi sang ibu maupun janin yang dikandungnya. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi yang akan berdampak sampai ia lahir dan tumbuh besar.

Lets Share Indonesia Gelar Cooking for Charity Bareng Chef Santhi Serad

Namun, pada bulan suci Ramadhan seluruh umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa. Bagi ibu hamil, selama masih mampu menjalaninya maka akan tetap diwajibkan untuk berpuasa mulai terbit hingga terbenamnya matahari.

Selama berpuasa, kebanyakan ibu hamil bingung bagaimana mengatur jam dan pola makan agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap terpenuhi selagi menjalankan kewajiban beribadah. Oleh karena itu, Dokter Spesialis Kandungan dari Universitas Padjajaran, dr. Boy Abidin, SpOG(K), membagikan tips berpuasa untuk ibu hamil.

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan

Ibu hamil

Photo :
  • pixabay

"Untuk ibu hamil (puasa) lebih ke arah mengubah jam makan yang penting apa yang harus dimakan saat sahur dan buka. Jika merasa lemas disarankan untuk segera beristirahat. Kalau ngga kuat, ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa kan? Jadi jangan dipaksakan," jelas dokter Boy, saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 9 Maret 2023.

Terpopuler: Hukum Memberikan Hadiah untuk Anak Agar Puasa sampai Janin yang Tiba-tiba Hilang

Pada waktu sahur, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Kemudian, atur jam makan sebanyak 3 kali sehari dengan waktu yang disesuaikan pada malam hari, seperti ketika buka puasa, setelah tarawih, dan saat sahur.

"Sebaiknya makan makanan yang bisa bertahan lama di pencernaan seperti makanan yang tinggi serat yaitu sayur dan buah. Lalu nutrisi lainnya seperti karbohidrat, protein, dan lemak juga jangan lupa. Saat sahur jangan terlalu banyak makan yang manis," terang dokter Boy.

Apabila gizi dalam makanan kurang terpenuhi, ibu hamil bisa melengkapinya dengan minum susu kehamilan yang diperkaya dengan berbagai kebutuhan nutrisi harian. Konsumsi sayur dan buah juga sangat penting untuk menjaga kelancaran pencernaan.

Yang tidak kalah penting juga adalah minum air yang cukup sesuai dengan standar anjuran yakni sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas setiap hari. Sebaiknya, hindari langsung minum es saat berbuka puasa karena hal itu dapat membuat perut terasa kembung.

Ilustrasi ibu hamil.

Photo :
  • freepik by freepik

Meskipun sedang berpuasa, dokter Boy juga menyarankan agar ibu hamil tetap beraktivitas seperti biasa dan menambah aktivitas fisik seperti olahraga ringan.

"Tidak hanya dari makan tapi juga penting berolahraga. Ibu hamil harus punya sirkulasi udara bagus dengan bergerak dengan aktivitas fisik. Ngga ada pantangan buat berolahraga. Bahkan ada penelitian mengatakan ibu hamil dengan level aktivitas yang baik atau cukup itu anaknya jauh lebih cerdas," kata dokter Boy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya