Mengenal Jump Rope Depok: Komunitas Lompat Tali yang Menjaga Keseimbangan Badan

Jumprope Depok
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle  – Melompat ternyata tidak hanya dilakukan saat sedang bermain tapi juga masuk dalam aktivitas olahraga yang menyehatkan tubuh. Olahraga Jump Rope atau yang lebih akrab dikenal dengan skipping merupakan salah satu  olahraga sederhana yang mudah dilakukan.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Jumprope Depok

Photo :
  • Istimewa

Konon olahraga ini tak hanya dapat menguatkan tulang, tapi juga membantu keseimbangan dan koordinasi. Jump Rope Depok adalah komunitas yang berfokus pada olahraga jump rope yang berdiri di bulan Juni 2022 yang mana ide tersebut berasal dari teman-teman yang ikut latihan perdana di Depok.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Komunitas ini rutin melakukan latihan setiap Sabtu di Universitas Indonesia dekat Lapangan Rotunda UI dan telah memiliki lebih dari 10 anggota aktif. Amir membeberkan cara menjaga komunitas agar tetap solid

“Ada dong, biasanya kita abis latihan suka ngobrol bareng teman-teman lain biar makin akrab sambil makan cemilan yang kita bawa masing-masing. Dan pasti ga lupa bahas trik baru biar gerakan lompatnya lebih bervariasi”.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

“Komunitas jumprope ini simple. Gak butuh banyak ruang dan bisa dilakukan dimana aja. Cukup bermodalkan tali skipping dan sepatu. Udah deh bisa mulai olahraganya, bisa di depan halaman rumah juga jadi gak perlu cari tempat yang jauh untuk olahraganya. Tapi biar makin seru dan gak bosen pastinya bareng teman-teman komunitas” ujar Amir.

Satu olahraga yang relatif rendah resiko cedera dibandingkan dengan olahraga lainnya. Jump rope sendiri juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kata Amir “Saat pandemi sih yang paling bikin kita semua sadar akan menjaga kesehatan, mulai dari jaga kebersihan badan, menjaga makanan yang kita makan sampai menjaga badan tetap fit dengan berolahraga. Salah satunya jumprope, bisa olahraga dari rumah dan sangat simple”

Jumprope Depok

Photo :
  • Istimewa

Olahraga ini bisa meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh dengan melakukan gerakan yang teratur dan sinkron saat melompat.

Jump rope juga baik untuk meningkatkan kesehatan mental, membantu mengurangi stres, dan meningkatkan suasana hati. Tentu saja, pasti di olahraga ini harus memiliki persiapan walaupun resiko cedera dalam olahraga ini relatif rendah.

“Cukup tali skipping, sepatu running, dan NIAT belajarnya harus ada dong pastinya hehe” ujar Amir yang merupakan founder dari jump rope depok.

Jumprope Depok juga pernah mengadakan event dengan salah satu brand sport yang cukup terkenal yaitu Decathlon, di Decathlon Pondok Indah.

Jump rope depok akan terus mengembangkan komunitasnya dan merencanakan lebih banyak kegiatan untuk hidup lebih sehat. Mereka tentunya mengajak masyarakat depok terutama pecinta olahraga lompat tali untuk bergabung dengan komunitasnya.

Untuk menjadi bagian dari Jump Rope juga tidak sulit “Gampang kok, langsung datang aja. For Free, bayarnya cuma pake keringet dan kalau gak punya tali skippingnya nanti akan dipinjamkan” ujar Amir

Untuk semua informasi tentang jadwal latihan dan informasi lainnya anda bisa langsung lihat di sosmed yang mereka punya @jumpropedepok

Dengan adanya komunitas jump rope ini kita semakin tahu bahwa menjadi sehat itu bukan sekedar tren tapi gaya hidup, biasakan sejak muda agar tua tidak tersiksa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya