Selain Pacitan, Kasus Leptospirosis Mewabah ke Tulungagung dan Trenggalek

Ilustrasi tikus.
Sumber :
  • Pexels/Ralph

VIVA Lifestyle – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan terus gencarkan sosialisasi  program penyakit menular dan tidak menular bagi masyarakat secara menyeluruh, di wilayah Kabupaten Pacitan dengan gerakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). 

Bentrok Kelompok Rontek di Pacitan Meluas: Kendaraan Pemudik Rusak Dilempar Batu

Sosialisasi bukan hanya di kelompok besar tetapi juga melalui kelompok kecil baik itu tingkat RT RW, Posyandu, Masjid maupun kelompok kecil yang lain yang ada di Pedesaan dan Kota. Scroll untuk info selengkapnya.

"PHBS menjadi penangkal dini agar warga tidak terjangkit bakteri leptopira yang biasanya ada pada kencing tikus di sekitar rumah atau lingkungan tertentu. Semua jenis penyakit bahkan bisa dicegah dengan PPHBS. Cara ini dapat dibilang efektif," kata PLT Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, dr Daru Mustiko Aji.

Identitas Pemeran Video Mesum di Hutan Pacitan Terkuak, Begini Pengakuannya

Awas bahaya wabah Leptospirosis

Photo :
  • IG @explore.bantul

Sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ini merupakan gerakan demi menekan angka sebaran bakteri leptospira seiring dengan meningkatnya populasi tikus sepekan terakhir ini. 

Geopark Gunung Sewu, Bentang Alam Khas Tropis Indonesia yang Diakui UNESCO

Sebagai upaya Dinas Kesehatan dalam pencegahan penyakit leptospirosis yang belakangan mewabah di sejumlah daerah di Pacitan kendati sejauh ini masih ada ditemukan kasus leptospirosis.

Dokter Daru juga menyampaikan, tentunya sosialisasi tersebut dikolaborasikan dengan pemberantasan dan basmi hama tikus.

"Dari hasil trapping terlihat populasi tikus meningkat. Pemberantasan yang sudah dilakukan di sejumlah daerah setidaknya dapat mengurangi  tikus yang sebabkan penyakit," ucapnya

Sementara itu, kasus leptospirosis saat ini menjadi perhatian Dinkes Jatim, karena beberapa daerah sudah terdeteksi wabah ini, termasuk di Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek yang berbatasan langsung dengan Pacitan.

Data resmi yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Jawa Timur, jumlah kasus leptospirosis tercatat masih berpotensi ada kenaikan. Sementara angka tertinggi penderita adalah Kabupaten Pacitan yang mana enam penderita di antaranya meninggal dunia.

Leptospirosis merupakan penyakit zoonosis yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang dapat menginfeksi pada manusia maupun hewan. Manusia paling sering terinfeksi melalui kontak pekerjaan, atau kontak langsung atau melalui air dengan urine hewan tikus. Penyakit ini dapat menimbulkan wabah jika tidak dilakukan upaya pencegahan sedini mungkin.

Laporan: Agus Wibowo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya