Tips Cegah Kulit Kering dan Kusam di Bulan Ramadhan

ilustrasi memulas kulit dengan kapas/ kulit kering
Sumber :
  • pixabay/shc9607

VIVA Lifestyle – Tak lama lagi, umat muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan penuh berkah, Bulan Ramadhan 1444 H. Di bulan tersebut, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Selama menjalani ibadah puasa, kondisi kesehatan harus tetap prima, bahkan kesehatan kulit pun harus tetap terjaga. 

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Kecantikan Kian Diminati

Seperti diketahui, bukan hal yang mudah menjaga tubuh tetap terhidrasi selama menjalani ibadah puasa. Tak jarang masalah kulit muncul seperti kulit kering, kasar, kusam dan kulit menjadi sensitif. Sejumlah masalah kulit ini terjadi lantaran kurangnya asupan cairan saat sahur atau berbuka. 

Ilustrasi jerawat/kulit kering berjerawat.

Photo :
  • Freepik
4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

Lantas bagaimana mengatasi masalah ini? Spesialis Dermatologi Venereologi Estetika dari RS Pondok Indah, dr. Suksmagita Pratidina, Sp D.V.E berbagi tips merawatnya.

“Akan berdampak seperti kulit kasar, kusam kering, sensitif, mata sembab hal ini banyak yang tidak aware jika dibiarkan akan menjadi masalah yang agak panjang,” kata dia dalam acara small media group discussion, Rabu 15 Maret 2023.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Mengatasi hal tersebut penting bagi kita untuk mengadaptasi kulit dengan skincare. Dengan memberikan apa yang dibutuhkan oleh kulit. Misalkan kata dia jika kulit terasa kering skincare yang dibutuhkan adalah pelembap. 

“Apa yang dibutuhkan, pelembab. Puasa kulit kering jadi tambah. Hidrasi dan proteksi dengan sunscreen Ini penting. Penggunaan sunscreen itu diapply tiap 3-4 jam,”jelas dia.

Lebih lanjut diungkap Gita bahwa krim pelembab juga dapat mempercepat regenerasi kulit. Selain itu juga perhatikan dosis penggunaan skincare.

“Pengurangan dosis akan membuat kulit menjadi lebih gentle. Mengubah dan mengadaptasi penggunaan skincare saat puasa akan membuat kulit nyaman selama ramadhan,” ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya