Yuk, Usir Rasa Lemas di Tubuh Saat Puasa! Ini Tipsnya

Ilustrasi lelah mental.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Selain lapar dan haus, salah satu tantangan kita saat menjalankan ibadah puasa adalah tubuh kerap terasa lemas dan mengantuk. Hal ini tentu wajar, mengingat bahwa hampir satu hari, kita tidak mengonsumi apapun, baik cairan maupun makanan. 

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Mengantuk saat berpuasa bisa menjadi masalah bagi beberapa orang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan pola makan dan kurangnya cairan dalam tubuh.

Ketika seseorang berpuasa, pola makan mereka berubah drastis. Hal ini bisa menyebabkan perubahan kadar gula darah dan energi dalam tubuh. Ketika kadar gula darah turun, seseorang bisa merasa lelah dan mengantuk. 

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Ilustrasi kelelahan saat beraktivitas.

Photo :
  • U-Report

Selain itu, ketika tubuh mengalami dehidrasi akibat kurangnya cairan, seseorang bisa merasa lelah dan mengantuk.

Donald Trump Ketiduran saat Jalani Sidang Kasus Suap

Kurangnya asupan nutrisi pada saat sahur bisa menjadi faktor yang menyebabkan seseorang mengantuk saat berpuasa. Makanan yang dikonsumsi pada saat sahur sebaiknya seimbang dan bergizi agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga stamina dan energi selama berpuasa.

Namun, ibadah puasa tentu bukan jadi alasan untuk kita kerap bermalas-malasan dan melakukan aktivitas seminim mungkin. 

Nah, agar tubuh tak lemas saat berpuasa hampir satu harian, berikut beberapa tips agar tidak lemas saat berpuasa, dihimpun VIVA dari berbagai sumber, Sabtu, 25 Maret 2023.

1. Persiapkan tubuh sebelum puasa, yang mana sebenarnya lebih baik dimulai dari beberapa hari sebelumnya. Konsumsilah makanan yang seimbang dan jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak.

2. Perbanyak konsumsi air putih pada saat berbuka dan sahur. Sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, karena bisa membuat tubuh mu dehidrasi.

3. Pilih makanan yang seimbang dan bergizi saat berbuka dan sahur. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, nasi merah, dan kentang. 

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan memberikan energi yang lebih tahan lama dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Konsumsi pula makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ayam, ikan, kacang-kacangan, dan telur. Protein membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

4. Hindari makanan yang terlalu pedas dan terlalu asin pada saat berbuka dan sahur, karena bisa membuat tubuh dehidrasi dan lemas.

5. Istirahat yang cukup pada malam hari dan jangan terlalu banyak beraktivitas fisik pada siang hari, karena bisa membuat tubuh kamu lelah dan lemas.

Ilustrasi menunda makan atau puasa

Photo :
  • Pixabay

6. Lakukan aktivitas fisik yang ringan seperti jalan kaki atau yoga pada saat pagi atau sore hari. Ini bisa membantu menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Namun, harus diingat bahwa saat puasa, stamina kita berbeda dengan hari biasa. Jadi, jangan terlaku paksa tubuhmu, ya! 

7. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, seperti kue dan permen, karena bisa membuat kadar gula darah naik dan turun dengan cepat, yang bisa membuat kamu merasa lebih lemas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya