Peneliti Unpad Paparkan Riset Pengurangan Bahaya Tembakau di Forum Internasional

Ilustrasi merokok.
Ilustrasi merokok.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Lifestyle – Peneliti dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Padjadjaran (FKG Unpad), Amaliya menghadiri undangan dari Philippine College of Oral & Maxillofacial Surgeons (PCOMS) untuk memaparkan mengenai perkembangan riset pengurangan bahaya tembakau pada acara PCOMS 46th National Conference di Manila, Senin 20 Maret 2023.

Acara yang mengusung tema “Moving Forward the Practice of Oral and Maxillofacial Surgery to the New Generation” ini turut dihadiri oleh peserta lain dari Indonesia yakni Peneliti Pusat Studi Kedokteran Gigi Militer Universitas Padjadjaran, Yun Mukmin Akbar dan Peneliti Departemen Periodonsia, FKG Unpad, Siti Sopiatin.

Dalam pemaparannya, Amaliya menjelaskan masalah prevalensi merokok di Indonesia dan dampaknya terhadap kesehatan, khususnya gigi dan mulut, mendorong adanya riset pengurangan bahaya tembakau yang memanfaatkan produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik atau vape dan produk tembakau yang dipanaskan.

Hal tersebut ditujukan bagi perokok dewasa yang mengalami kesulitan untuk berhenti merokok. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Riset tersebut mencakup uji laboratorium (laboratory studies), survei, studi observasi, uji klinis (clinical trials), dan tinjauan sistematis.

Beberapa studi yang sudah dilakukan yakni adalah analisis kuantitatif kandungan e-liquid vape dan tembakau dari produk tembakau yang dipanaskan, studi cross-sectional, yang mengevaluasi hasil sampel dari para subjek penelitian, yaitu sel mikronukleasi dari swab bukal (buccal) perokok vs pengguna vape, survei profil dan pola penggunaan vape, pemeriksaan gingivitis pada perokok vs, pengguna vape, dan tinjauan sistematis mengenai efektivitas dan profil keamanan produk tembakau alternatif.

Halaman Selanjutnya
img_title