7 Cara Menahan Lapar Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Ilustrasi menahan lapar, sakit perut
Sumber :
  • Pixabay/ mohamed-hassan

VIVA Lifestyle – Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah wajib yang dilakukan oleh seluruh umat Islam di dunia selama bulan Ramadhan. Puasa dilakukan dengan menahan lapar dari makan, minum dan nafsu mulai dari fajar hingga terbenamnya matahari.

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Tujuan dari puasa Ramadhan adalah untuk meningkatkan kesadaran spiritual, membersihkan diri dari dosa dan kesalahan, serta membentuk sikap disiplin dan kemandirian. Lantas, bagaimana cara menahan lapar saat berpuasa? Berikut ini beberapa tips yang telah dirangkum VIVA dari berbagai sumber untuk cara menahan lapar selama berpuasa di bulan Ramadhan. 

1. Makan sahur

Mengandung Air yang Tinggi, 5 Jenis Buah Ini Cocok Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

waktu makan sahur

Photo :
  • vstory

Makan sahur adalah makan yang dilakukan sebelum fajar atau dini hari sebelum menjalankan puasa. Makanan sahur sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks dan serat tinggi sehingga memberikan energi yang cukup agar tubuh tetap kuat selama puasa meski tanpa makan dan minum seharian.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

2. Minum air yang cukup

Ilustrasi wanita minum air putih.

Photo :
  • U-Report

Pastikan kamu juga minum banyak air putih saat sahur dan malam hari setelah berbuka. Air membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga kamu tidak akan begitu merasa sangat lapar.

3. Makan makanan yang tepat saat berbuka

Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Saat waktunya untuk berbuka, sebaiknya makan makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah-buahan, sayuran dan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein tinggi. Makanan yang mengandung gula tinggi sebaiknya dihindari karena dapat memicu tubuh menjadi lapar kembali.

4. Hindari makanan lemak tinggi dan gula

Menu takjil buka puasa.

Photo :
  • Istimewa

Cara untuk menahan lapar saat puasa seharian adalah dengan menghindari makanan yang mengandung lemak dan gula tinggi. Karena makanan tersebut dapat memicu rasa lapar, sehingga sebaiknya dihindari saat berpuasa.

5. Kurangi aktivitas fisik yang berat

Ilustrasi semangat bekerja.

Photo :
  • U-Report

Aktivitas fisik yang berat dapat mempercepat metabolisme tubuh dan membuat kamu merasa lebih lelah dan mudah lapar. Sebaiknya kamu kurangi aktivitas fisik yang berat selama berpuasa.

6. Banyak istirahat

Ilustrasi bangun tidur.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Kurangi aktivitas fisik dan pastikan kamu cukup istirahat selama berpuasa. Ini akan membantu tubuh mempertahankan energi dan tidak merasa terlalu lelah dan lapar.

7. Jaga pikiran tetap positif

Ilustrasi berpikir positif.

Photo :
  • U-Report

Terakhir, kamu harus menjaga pikiran tetap positif karena saat berpuasa dapat menuntut fisik dan mental. Sehingga kamu harus fokus pada tujuanmu berpuasa. Hal ini akan membantu kamu menahan rasa lapar dan menikmati pengalaman berpuasa selama Ramadhan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya