Air Kelapa Bagus Buat Buka Puasa, Tapi Tidak untuk Dua Orang Ini

Ilustrasi kelapa hijau.
Ilustrasi kelapa hijau.
Sumber :
  • dok. pixabay

VIVA Lifestyle – Air kelapa menjadi salah satu menu berbuka puasa yang wajib ada. Selain memberikan sensasi rasa segar saat dikonsumsi setelah seharian berpuasa, air kelapa diketahui mengandung elektrolit alami tinggi sehingga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. 

Selain itu, air kelapa juga disebut dapat meningkatkan kadar gula darah yang turun akibat berpuasa seharian. Benarkah demikian? Spesialis Gizi Klinik, dr. Diana F Suganda, M.Kes, Sp.GK dalam program Hidup Sehat tvOne, menjelaskan bahwa per 100 ml air kelapa muda mengandung 16-20 kalori dan 4 gram gula. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

"Air kelapa bagus pakai untuk buka karena saat berpuasa tidak ada asupan makanan 13-14 jam sehingga sebabkan dehidrasi dan gula darah turun. Air kelapa mengandung cairan serta gula sehingga menaikkan gula darah dan merehidrasi orang yang berpuasa," kata dia, Rabu 29 Maret 2023.

Namun, dokter Diana memberikan peringatan kepada masyarakat yang memiliki masalah kesehatan pada ginjal dan jantung untuk tidak mengonsumsi air kelapa. Bukan tanpa sebab, pasalnya kandungan elektrolit yang tinggi pada air kelapa dapat mengganggu kesehatan mereka.

"Orang dengan masalah ginjal mengalami hiperkalemia, sedangkan di dalam air kelapa mengandung tinggi kalium. Kemudian pada gangguan irama jantung, kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa bisa meningkatkan irama jantung," jelas Diana.

Namun bagi mereka yang memiliki masalah ginjal dan irama jantung jika tetap ingin mengonsumsi air kelapa, Diana menyarankan untuk membatasi konsumsinya. Orang yang memiliki masalah ginjal dan irama jantung sebaiknya hanya mengonsumsi air kelapa sekitar satu kali seminggu sebanyak 150ml.