Sering Gunakan Obat Tidur? Ternyata, Ini Efek Samping dan Bahayanya

Ilustrasi obat/vitamin.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Sulit tidur atau mengalami insomnia memang terasa menyebalkan. Apalagi, jika hal ini berlangsung terus menerus dan dalam waktu yang lama. Di pagi hari, tubuh akan terasa lemas dan bahkan tak semangat menjalai aktivitas, karena kurang tidur.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Karena masalah tersebut, tak sedikit orang yang mengonsumsi pill atau obat tidur untuk membantu mereka.  

Obat tidur memang dapat membantu masalah tidur untuk jangka pendek. Namun, penting untuk memahami bahwa untuk jangka panjang, mengonsumsi obat tidur memiliki efek samping yang lumayan berbahaya.

5 Tips Aman dan Nyaman Mudik untuk Ibu Hamil, Jangan Lupa Konsultasi ke Dokter Kandungan

Apa Itu Obat Tidur & Apa Efek Sampingnya?

Ilustrasi obat

Photo :
  • Freepik/freepik
Sun Life Gandeng CIMB Niaga Sediakan Asuransi Perencanaan Warisan Bagi Nasabah

Sebagian besar obat atau pil tidur diklasifikasikan sebagai "hipnotik penenang". Itu adalah golongan obat khusus yang digunakan untuk tidur atau tetap tertidur. Hipnotik sedatif termasuk benzodiazepin, barbiturat, dan berbagai hipnotik. 

Melansir WebMD, Benzodiazepin seperti Ativan, Librium, Valium, dan Xanax adalah obat anti-kecemasan. Obat-obat ini juga meningkatkan rasa kantuk dan membantu orang tidur. Halcion adalah obat penenang-hipnotik benzodiazepine yang lebih tua yang sebagian besar telah digantikan oleh obat-obatan yang lebih baru. 

Sementara obat tersebut mungkin berguna untuk masalah tidur jangka pendek, semua benzodiazepin berpotensi membuat ketagihan dan dapat menyebabkan masalah dengan ingatan dan fokus. Obat-obat itu biasanya tidak direkomendasikan untuk perawatan jangka panjang untuk masalah tidur.

Nah, daripada menggunakan obat tidur untuk jangka panjang, American College of Physicians dan American Academy of Sleep Medicine merekomendasikan penggunaan teknik lain sebelum beralih ke obat tidur farmasi.

Sulit Tidur

Photo :
  • U-Report

Terapi perilaku kognitif untuk insomnia (CBT-I) adalah pilihan pengobatan lini pertama. Penyedia layanan kesehatan dapat membantu kamu mengatasi stres, kecemasan, atau emosi lain yang mungkin memengaruhi tidurmu. 

Mereka juga bisa mengajari kamu kebiasaan tidur yang dapat menghasilkan manfaat tidur yang tahan lama dan bisa mengontrol insomnia. 

Kebanyakan ahli setuju bahwa obat tidur tidak boleh digunakan dalam jangka panjang. Obat tidur paling baik digunakan untuk stres jangka pendek, jet lag, atau masalah tidur ringan jangka pendek. 

Ada bukti terbatas tentang keamanan dan kemanjuran penggunaan obat tidur selama lebih dari empat minggu, tetapi beberapa penelitian menemukan bahwa penggunaan obat tidur setiap hari dapat dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi.

Karena terlalu sering mengonsumsi, banyak orang mengembangkan toleransi terhadap obat tidur, yang berarti mereka membutuhkan dosis obat yang lebih tinggi dari waktu ke waktu untuk mendapatkan efek yang sama. 

Ini mungkin disertai dengan gejala kecanduan atau self isolation, termasuk insomnia yang muncul kembali atau malah semakin parah, kecemasan, mudah marah, atau mimpi-mimpi yang aneh.

Ilustrasi minum obat.

Photo :
  • Times of India

Bagi penderita insomnia yang menolak bentuk pengobatan lain, dokter mungkin akan memberikan resep obat tidur untuk diminum secara teratur. Untuk menurunkan risiko mengembangkan toleransi atau kecanduan, dokter mungkin meresepkan alat bantu tidur jangka panjang ini hanya beberapa malam dalam seminggu. 

Hampir semua obat tidur yang saat ini ada di pasaran memang memiliki potensi efek samping, seperti pusing, mual, dan sakit kepala keesokan harinya. Mengambil dosis serendah mungkin dapat membantu membatasi efek samping ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya