Manfaat Kolang Kaling, Baik untuk Pencernaan Hingga Turunkan Kolesterol

Penjualan Kolang Kaling Meningkat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

VIVA Lifestyle – Kolang kaling, mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat Tanah Air. Berasal dari biji tanaman aren dan umumnya berwarna putih transparan, kolang kaling selalu menjadi primadona terutama saat bulan Ramadhan seperti saat ini.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Kolang kaling sering ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti kolak, es buah atau bahkan dikonsumsi langsung. Selain rasanya yang segar dan kenyal, ternyata kolang kaling memiliki beragam manfaat kesehatan. Apa saja? Scroll untuk mengetahui jawabannya.

Spesialis Gizi Klinik, dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM dalam program Hidup Sehat tvOne mengungkap bahwa kandungan air dalam kolang kaling dapat membantu merehidrasi tubuh pasca berpuasa selama 13-14 jam.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

"Di dalam kolang kaling cairan, 90 persen isinya air baik untuk berpuasa mengembalikan status hidrasi. Karena cairan dalam kolang kaling mengembalikkan status hidrasi kita atau mengembalikan status hidrasi kita lebih baik," kata dia, Rabu 29 Maret 2023.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Tidak sampai di situ, kolang kaling juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan lantaran kandungan serat di dalamnya hingga mampu menurunkan kadar kolesterol.

"Selain itu manfaat serat dalam kolang kaling berguna untuk pencernaan. Selain itu, serat juga menurunkan kadar kolesterol, antioksidan dan vitamin C," jelasnya.

Belum berhenti di situ, menurut dokter Marya, makanan satu ini juga mampu menjaga kesehatan kulit, di mana saat puasa Ramadhan, kulit cenderung mengalami perubahan menjadi lebih kering.

"Kolang kaling asupan menyegarkan vitamin C dan antioksidan baik untuk kesehatan kulit kita. Kesehatan kulit dipengaruhi status hidrasi. Konsumsi kolang kaling dan divariasikan dengan konsumsi buah lain otomatis asupan cairan tercukupi. Kolang kaling mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik bagi tubuh," pungkas dr. Marya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya