4 Dampak Buruk Kurang Tidur saat Puasa di Bulan Ramadan

Ilustrasi lelah bekerja.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Selama puasa di bulan Ramadan, tentu kita tetap harus menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat, Meskipun harus bangun sahur pada dini hari, namun jangan sampai tubuh kurang tidur hingga berdampak tidak baik pada diri kita sendiri.  

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Misalnya saja seperti kurang tidur selama puasa yang dapat memiliki beberapa dampak buruk pada kesehatan seseorang, terutama karena tubuh membutuhkan waktu yang cukup untuk memulihkan diri setelah berpuasa dan melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut ini beberapa dampak buruk yang mungkin terjadi akibat kurang tidur selama bulan puasa yang dihimpun dari berbagai sumber. 

1. Menurunkan konsentrasi

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Ilustrasi pusing.

Photo :
  • U-Report

Kurang tidur selama bulan puasa dapat membuat seseorang merasa cepat mengantuk dan tidak dapat fokus pada pekerjaan atau tugas yang dihadapi. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja seseorang di tempat kerja atau dalam aktivitas mereka dalam sehari-hari.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

2. Menurunkan daya tahan tubuh

Ilustrasi sakit gerd.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Dampak buruk selanjutnya dari kurang tidur saat bulan puasa adalah dapat menurunkan daya tahan tubuh. Tidur sendiri merupakan waktu ketika tubuh dapat memulihkan dan meregenerasi dirinya. Sehingga kurang tidur dapat membuat tubuh akan rentan terhadap penyakit dan infeksi yang bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

3. Menurunkan produktivitas

Ilustrasi pria kelelahan.

Photo :
  • U-Report

Produktivitas juga akan menurun jika seseorang kekurangan tidur saat bulan puasa. Hal itu lantaran kurang tidur dapat membuat seseorang merasa lelah dan tidak bertenaga, sehingga dapat mempengaruhi produktivitas dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas yang sedang dihadapi.

4. Menurunkan kesehatan mental

Ilustrasi kesehatan mental

Photo :
  • Pinkvilla

Dampak buruk yang terakhir dari kurang tidur adalah dapat menurunkan kesehatan mental. Di mana kurang tidur sendiri dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang, membuat seseorang lebih rentan terhadap depresi dan kecemasan. Jadi, pastikan kamu mengatur waktu tidurmu dengan baik agar tak kekurangan tidur. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang yang berpuasa di bulan Ramadhan untuk memperhatikan pola tidurnya dan mencoba untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup selama bulan puasa, agar dapat menjaga kesehatan dan keseimbangan diri secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya