WHO Beri Peringatan Soal Varian Arcturus, Lebih Berinfeksi dari XBB.1.5

Ilustrasi virus.
Sumber :
  • Pixabay/geralt

VIVA Lifestyle – Varian XBB.1.16, yang dijuluki Arcturus, kembali menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Arcturus dianggap menjadi penyebab lonjakan kasus baru di India pada saat kasus COVID-19 dilaporkan turun di sebagai besar negara di dunia.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Pimpinan Teknis COVID-19, WHO, Maria Van Kerkhove menjelaskan bahwa Arcturus ini sangat mirip dengan varian XBB.1.5 atau Kraken. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Tetapi mutasi tambahan pada protein lonjakan virus, yang menempel dan menginfeksi sel manusia, berpotensi membuat varian tersebut lebih menular dan bahkan menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Logo WHO.

Photo :
  • WHO

"Untuk alasan ini, dan karena meningkatnya kasus di Timur, XBB.1.16 dianggap salah satu yang harus diperhatikan. Ini adalah peringatan yang pernah kami dengar sebelumnya tentang Omicron lainnya khususnya XBB.1.5. Varian tersebut, yang menjadi sorotan akhir tahun lalu dan awal tahun ini, yang menimbulkan peringatan bahwa penyakit itu dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah, berdasarkan mutasi baru yang telah dikembangkannya," kata Van Kerkhove mengutip laman Yahoo News.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Meskipun variannya pasti memimpin dalam hal transmisibilitas. XBB.1.5 atau Kraken diketahui menyumbang kurang dari setengah dari semua kasus yang diurutkan secara global pada awal Maret, menurut WHO.

Hanya waktu yang akan menentukan apa, jika ada, perbedaan dalam tingkat keparahan XB.1.16 akan ditampilkan.

Kantor Pusat WHO di Jenewa

Photo :
  • WHO

Mutasi yang tampak memprihatinkan secara teori tidak selalu memprihatinkan dalam kehidupan nyata karena sifat imunitas populasi yang sangat kompleks.

Terlepas dari itu, peningkatan pesat Arcturus di India memprihatinkan, kata seorang profesor biologi di University of Guelph di Ontario, Kanada, Ryan Gregory, kepada Fortune.

Dia menjelaskan bahwa Arcturus tampaknya semakin meningkat di negara dengan kekebalan populasi yang kuat dari infeksi sebelumnya dan kekebalan yang memprihatinkan, catat Gregory.

Meskipun tidak jelas seberapa besar lonjakan varian baru di India atau di tempat lain, gelombang besar bukan lagi pola utama kasus COVID, katanya.

"Ini adalah garis dasar yang tinggi secara konsisten yang tidak akan turun," kata dia.

Apakah XBB.1.16 menyebabkan keparahan dan kematian meningkat?

Sejauh ini, belum ada penelitian laboratorium mengenai tingkat keparahan penyakit varian tersebut yang telah diselesaikan. Yang meyakinkan, rawat inap, masuk ICU, dan kematian belum meningkat karena varian tersebut, menurut laporan situasi COVID-19 pada Kamis lalu oleh WHO.

Sementara varian tersebut tidak menyebabkan kelompok besar penyakit, namun virus ini memicu peningkatan kasus baru yang stabil di seluruh India, kata menteri kesehatan untuk Tamil Nadu, sebuah negara bagian India, Ma Subramanian.

Jika varian baru memang mampu memicu peningkatan rawat inap atau kematian, mungkin terlalu dini untuk mengatakannya.

Tren kenaikan dalam metrik semacam itu dapat memakan waktu berminggu-minggu untuk terwujud, itulah sebabnya varian ini dikenal di awal pandemi sebagai indikator tertinggal.

XBB.1.16 memiliki dua mutasi baru khususnya yang membuatnya lebih cocok daripada varian mana pun sejauh ini, kata Rajnarayanan. Kedua mutasi tersebut tidak ada pada XBB.1.5 relatif.

"Saat ini, XBB.1.16 adalah anjing besar. Varian ini mengambil mutasi yang umum terjadi pada varian lain yang akan meningkatkan keunggulannya lebih lanjut," kata dia.

Yang paling memprihatinkan adalah mutasi K478R, yang dapat membuat varian tersebut lebih baik dalam mengatasi antibodi dari infeksi dan vaksinasi sebelumnya, membuat orang lebih sakit, dan menyebar secara umum, menurut WHO.

Selain itu, XBB.1.16 telah menunjukkan kemampuan untuk dengan cepat melampaui XBB.1.5 yang dominan di AS dalam hal penyebaran. Varian baru telah menunjukkan keunggulan pertumbuhan 188% selama tiga bulan terakhir, kata Rajnarayanan.

Dan di India, di mana XBB menyebabkan gelombang besar terakhir, XBB.1.16 menampilkan keunggulan pertumbuhan 64%, tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya