Ini Alasan Sahur Pakai Mi Bikin Gampang Lapar

Ilustrasi mie instant
Sumber :

VIVA Lifestyle – Hingga saat ini umat muslim masih menjalankan ibadah puasa. Namun memasuki puasa ramadhan yang ke-19 hari ini, Senin, 10 April 2023 masih banyak dari kita yang masih mengonsumsi makanan yang kurang tepat saat sahur.

Pentingnya Konsumsi Susu saat Sahur untuk Jaga Kondisi selama Berpuasa

Bahkan tidak sedikit dari kita yang memilih untuk makan yang lebih banyak saat sahur dengan tujuan agar kenyang seharian hingga mencegah lemas di siang hari. Padahal ternyata anggapan tersebut salah. Hal ini diungkap oleh spesialis gizi klinis, dr. Putri Sakti Dwi Permanasari, M.Gizi, SpGK, AIFO-K, CBCFF dalam program Hidup Sehat TvOne, Senin 10 April 2023. Scroll lebih lanjut ya.

"Kita perlukan bukan jumlahnya tapi serat, tinggi protein yang bisa membuat lebih kenyang. Kalau rendah serat jadi gampang lapar," kata Putri.

Jalani Ramadhan Pertama dengan Suami, Hanggini Bersyukur Bisa Rasakan Hal Ini

Diungkap Putri Sakti, saat sahur utamakan untuk mengonsumsi karbo kompleks seperti nasi merah, atau brown rice dan makanan yang tinggi serat untuk membuat perut kenyang lebih lama. Dijelaskan Putri, karbo kompleks kandungannya tinggi serat otomatis akan memperlama pengosongan lambung jadi kita kenyang lebih lama.

Viral Bangunin Sahur Berujung Cekcok, Warga Ngaku Bayinya Terganggu

"Kedua kontrol gula darah, kalau gula darah terlalu turun karena serat kurang buat mudah lapar di siang hari. Dengan karbohidrat kompleks memiliki vitamin dan mineral bisa membuat kenyang lebih lama," ujarnya.

Selain itu dia juga menyoroti kebiasaan masyarakat tanah air yang suka mengonsumsi mi instan saat sahur. Sebab, mi instan merupakan makanan yang rendah serat sehingga menyebabkan perut lebih mudah lapar saat akan berpuasa seharian.

Mie instan

Photo :
  • Pixabay

"Mi itu rendah serat cepat pengosongan lambung buat cepat lapar. Minyak akan tingkatkan asam lambung bisa sebabkan cepat lapar, kalau tidak ditambah serat bikin cepat lapar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya