Konsumsi Lidah Buaya Segar Saat Puasa Bisa Tingkatkan Konsentrasi Hingga Atasi GERD

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.
Sumber :
  • Pixabay/casellesingold

VIVA Lifestyle – Lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu produk yang belakangan ini populer di kalangan masyarakat tanah air. Beberapa di antaranya adalah gel lidah buaya sebagai masker hingga minuman aloe vera. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Tak hanya dalam bentuk produk olahan saja, mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk segar diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Dokter herbal, dr. Muthoharrah, M.Si dalam program Hidup Sehat tvOne mengungkap bahwa lidah buaya bisa mengatasi masalah lambung seperti GERD

Bahkan dalam sebuah riset tahun 2010 menunjukkan bahwa mengonsumsi 28 hingga 85 gram gel lidah buaya saat makan dapat mengurangi tingkat keparahan GERD.

5 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Lidah buaya

Photo :
  • Times of India

"Lidah buaya sehat untuk lambung dan baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka karena ada banyak zat aktif, seperti flavonoid, mineral, vitamin, baik untuk lambung karena memiliki efek anti inflamasi, dapat mengatasi masalah gerd juga," kata dia.

5 Benefits of Fasting for People with GERD

Tidak hanya itu saja, konsumsi lidah buaya saat puasa Ramadhan seperti saat ini diketahui dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi.

"Bisa bantu untuk konsentrasi, tapi perlu dicatat bukan hanya konsumsi lidah buaya saja. Kita juga harus banyak konsumsi air dan makanan yang bergizi," jelas Muthe.

Dalam kesempatan itu, Muthe juga memberikan resep lidah buaya untuk dikonsumsi saat sahur. Yang diperlukan adalah 5 cm lidah buaya, kupas kulitnya dan bersihkan. Untuk membersihkan lidah buaya ini bisa gunakan air matang dan rendam selama satu hingga dua jam. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan getah yang berwarna kuning pada lidah buaya.

"Getah ini harus dihilangkan sebab getah ini bisa sebabkan kram atau nyeri perut, cuci bersih dari lendir," kata dia.

Setelah lidah buaya tersebut bersih dari getah, masukkan lima cm lidah buaya kemudian blender selama 30-60 detik. Blender selama 30-60 detik ini perlu dilakukan agar tidak merusak kandungan baik dalam lidah buaya karena arus panas dari blender. 

Setelah diblender, saring lidah buaya, dan konsumsi 20ml atau 1 1/4 sdm makan.

"Ini langsung dikonsumsi kalau mau tambah air sedikit saja, konsumsi ini 1 kali sehari sebelum makan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya