Mandi Air Hangat Ternyata Bisa Bakar Kalori Hingga Turunkan Gula Darah

Ilustrasi mandi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Mandi air hangat memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi Anda yang kerap mengalami insomnia, mandi air hangat bisa menjadi ide yang baik. Diketahui, mandi air hangat dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis sehingga dapat membantu kita menjadi lebih rileks. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Tidak hanya bisa memperbaiki kualitas tidur, mandi air hangat juga dapat memberikan kelegaan dari masalah pernapasan. Sebuah studi kolaboratif yang dilakukan Japan Health and Research Institute, Tokyo City University dan Jichi Medical University mengungkapkan, suhu air memiliki efek fisiologis yang cukup besar pada tubuh manusia. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Namun selain itu, mandi air hangat juga masih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Berikut ulasannya dilansir Health Shots

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Ilustrasi mandi.

Photo :
  • Freepik

Menurunkan gula darah dan membakar kalori
Penelitian menemukan, mandi air hangat dapat membantu menurunkan gula darah dan membakar kalori. Para ilmuwan merekrut 14 pria untuk ikut dalam penelitian dan mengukur tingkat gula darah mereka selama 24 jam setelah setiap mandi air hangat. Mereka menemukan, pria-pria tersebut mampu membakar kalori sama seperti 30 menit berjalan kaki dan memiliki kadar gula darah yang lebih rendah. 

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

Meredakan gejala pernapasan
Para ilmuwan telah membuktikan bahwa mandi air hangat dengan uap dapat membantu membuka saluran udara, mengencerkan dahak di sistem pencernaan, dan membersihkan saluran hidung. 

Kulit lebih bersih, sehat dan lembap
Mandi air hangat dapat membuka pori-pori kulit dan membersihkan sebagian kotoran, sehingga dapat menghasilkan kulit yang lebih segar dan bersih. Tidak hanya itu, berdiri di bawah pancuran air hangat juga dapat memberikan efek epidermal yang baik. 

Membantu tidur nyenyak
Air hangat mampu meningkatkan suhu tubuh dan melemaskan otot-otot dalam tubuh. Hal ini dapat memberikan ketenangan secara fisik dan mental. Penelitian menunjukkan, suhu inti tubuh akan naik 2-3 derajat lebih tinggi saat sore hari. 

Mandi air hangat dapat merangsang sistem termoregulasi, sehingga sirkulasi darah dapat mengalir dari inti tubuh ke tangan dan kaki, menghilangkan panas dan membiarkan suhu turun. Menurut penelitian  di Universitas Texas, mandi air hangat dapat meningkatkan total waktu tidur, kualitas tidur dan efisiensi tidur. 

Bicara mandi air hangat, sebuah brand pemanas air global ternama asal Amerika, melalui distributor tunggalnya di Indonesia, PT. Dewata Vulcanindo Suryajaya, turut memperkenalkan produknya berupa pemanas air. 

Jason Sisler, Rheem SEA Head of Commercial Business Development, mengklaim, produk pemanas air Rheem
mampu menghasilkan air panas lebih banyak dan daya listrik yang lebih sedikit. 

"Penggunanya bisa mendapat keuntungan, karena bisa digunakan jangka panjang, sehingga jauh lebih efisien," ujar Jason dalam acara Hangatnya Ramadhan Bersama Rheem, di Hotel Century Park, Jakarta, Rabu 12 April 2023. 

Agus Tandany, Director PT. Dewata Vulcanindo Suryajaya, menambahkan, kesadaran pada keberlanjutan di Indonesia terus meningkat, di mana kini banyak pelanggan Indonesia mulai mempertimbangkan produk ramah lingkungan. Untuk itu, produk Rheem dirancang untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan memberikan mereka kontrol yang lebih besar atas konsumsi energi, air, dan menurunkan dampak lingkungan. 

"Rangkaian produk Rheem yang hadir di Indonesia siap memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Rheem hadir untuk memberikan kenyamanan, efisiensi dan pengalaman bagi para pelanggan melalui rangkaian produk seperti pemanas air rumah tangga, pemanas air komersial, hingga solar pemanas air. Adapun, melalui produk Rheem, kami memberikan pilihan baik untuk ikut menjaga lingkungan dan kelangsungan generasi di masa depan," tandasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya