Resep Ramuan Zaidul Akbar untuk Atasi Kolesterol hingga Asam Urat Saat Lebaran

Ilustrasi kolesterol .
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Hari Raya Idul Fitri diidentikan dengan sajian yang menggugah selera. Sebut saja rendang, opor ayam hingga gulai daging pasti tidak pernah absen di meja makan.

Intip Persiapan Telkomsel 'Mengukur Jalan' Jelang Lebaran

Rasa gurih dari santan berpadu dengan lembutnya tekstur daging membuat masyarakat sulit untuk menolaknya. Namun, beberapa sajian lebaran seperti daging rendang memiliki nilai kolesterol yang cukup tinggi. Dimana 100 gram daging rendang mengandung kolesterol sekitar 60-70 gram. Scroll lebih lanjut.

Penting bagi kita untuk mengatur asupan makanan. Mengingat jika terlalu banyak makan makanan berkolesterol dapat mengganggu kesehatan. Sebab, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah hingga akhirnya menjadi penyebab terganggunya aliran darah.

BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru

Sudah terdapat sangat banyak bukti yang menyatakan, asupan lemak jenuh yang tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Tak hanya itu saja sejumlah makanan tersebut juga menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti gulai daging, hingga jeroan yang bisa sebabkan asam urat.

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi

Namun tak perlu khawatir, Indonesia diketahui diberkahi dengan rempah-rempah. Sejumlah rempah-rempah yang ada di Indonesia, diketahui dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang dapat menjaga kesehatan tubuh.

Sebut saja jahe, kencur, kunyit, temulawak hingga temu mangga. Beberapa rimpang-rimpangan tersebut diketahui dapat apat memperbaiki pencernaan, termasuk melancarkan buang air besar. Selain itu juga dapat meningkatkan fungsi jantung, ginjal dan liver hingga asam urat.

Jahe

Photo :
  • Pixabay/ congerdesign

"Buat asam urat, kolesterol, stroke juga bisa membantu penyembuhan dengan resep ini," ujar dr. Zaidul Akbar mengutip akun Instagramnya.

Selain itu, rempah-rempahan tersebut juga bisa membantu vitalitas pria.

"Resep ini saya namakan Sporr atau SuperPower Rempah Rimpang. Tinggi antioksidan sehingga bagus buat meningkatkan vitalitas buat pria wanita, tinggi mineral, bahan bahan anti kanker di dalamnya," tulisnya.

Rempah-rempah di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVAnews/ Dwi Royanto.

Lantas seperti apa ramuannya? Berikut ini resepnya dan cara membuatnya.

Bahan-bahan :
- Jahe (digeprek)
- Kencur (digeprek)
- Temulawak diiris tipis
- Kunir putih diiris tipis
- Kunyit diiris tipis
- Temu mangga iris tipis

"Pemanisnya menggunakan gula aren yang di masak dengan cengkeh, kapulaga, lalu nanti disaring. Semua bahan tadi diseduh saja pake air panas lalu masukan pemanisnya secukupnya. Itu yang digambar adalah porsi segelas, temen2 bisa takar sendiri jumlahnya dengan melihat gambar diatas," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya