Konsumsi Makanan Bersantan Saat Lebaran Bisa Picu Kolesterol, Kenali Tandanya di Wajah

Ilustrasi wajah wanita
Sumber :
  • Pixabay/422694

VIVA Lifestyle – Makanan yang diproses dengan digoreng atau diolah dengan santan, bisa berpengaruh buruk pada kondisi tubuh jika dimakan berlebihan. Apalagi di saat Lebaran di mana banyak makanan yang dimasak menggunakan santan.

Terkuak, Ini Identitas Mayat Perempuan dengan Wajah Hancur di Dermaga Pulau Pari

Salah satu risiko dari banyak mengonsumsi makanan berkuah santan adalah kolesterol. Meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh umumnya tidak menunjukkan gejala yang terlihat. Hanya ketika kondisinya sudah di tingkat yang parah, barulah seseorang memeriksakannya ke dokter.

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh kemudian akan mempengaruhi beberapa bagian tubuh dan menunjukkan tanda. Karenanya, penting untuk mengenali tanda-tanda ini dan mendapat penanganan segera. Berikut beberapa tanda kolesterol tinggi yang bisa terlihat di wajah, dilansir dari laman Times of India.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Ilustrasi Kolesterol

Photo :
  • U-Report

Xanthelasmas

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Pernahkah menyadari ada benjolah lunak di kelopak mata? Benjolan ini berwarna sedikit oranye dan sangat lunak ketika disentuh. Benjolan ini disebut xanthomas dan kondisinya dikenal dengan xanthelasmas. Kondisi ini terjadi ketika lilin menumpuk di bawah kulit kelopak mata. Tidak semua dengan kolesterol tinggi mengalami xanthelasmas, tapi banyak terlihat pada mereka yang memiliki kadar lipid tidak seimbang. Karenanya, penting untuk berkonsultasi dengan dokter ketika tanda ini muncul.

Corneal arcus

Ini adalah garis tipis putih di sekitar kornea. Institut Jantung, Paru, dan Darah Nasional Amerika Serikat mengatakan bahwa corneal arcus adalah indikator besar kolesterol tinggi. Disebutkan bahwa orang yang memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi cenderung mengalami corneal arcus.

Eruptive xanthoma

Benjolan dengan kulit berwarna orang di wajah, pipi, dan dahi juga mengindikasikan kolesterol tingi. Kondisi ini juga muncul di bokong, siku, tangan dan lutut. Kemunculan eruptive xanthoma di tubuh menandakan tingginya kadar trigliserida dalam tubuh.

Ilustrasi kulit

Photo :
  • Pixabay/Publikdomainpictures

Psoriasis

Jika Anda menyadari adanya belang kulit yang gatal pada wajah dan bagian tubuh lainnya, segera obati. Ini disebut dengan psoriasis, kondisi kulit meradang yang juga terlihat pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya