Bukan Leher Pegal, Ini Gejala Kolesterol di Mata yang Paling Mudah Dilihat

ilustrasi kelopak mata
Sumber :
  • freepik/valuavitaly

VIVA Lifestyle – Tak sedikit yang beranggapan bahwa kolesterol ditandai dengan gejala khas pada leher yang pegal atau kaku. Faktanya, kondisi di leher tersebut bukan gejala khas kolesterol melainkan dua tanda di mata yang cukup mudah dilihat sebagai deteksi dini agar kolesterol dapat diatasi.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Dokter spesialis penyakit dalam dr. Irsan Hasan SpPD, dalam acara Hidup Sehat tvOne, mengatakan bahwa kolesterol dapat menyerang usia berapa pun, termasuk anak-anak. Namun, risiko kolesterol lebih tinggi pada mereka yang kelompok usia lanjut (lansia) di mana cenderung banyak mengeluhkan pegal di leher dan kesemutan di jari. Scroll untuk info selengkapnya.

"Tidak jarang ada pegel-pegel, lalu cek kolesterol tinggi, ada kesemutan-kesemutan disalahkan kolesterolnya. Padahal kolesterolnya sudah lama dialami. Sebetulnya kolesterol tinggi tidak ada gejala sama sekali kalau kaitkan kolesterol dengan gejala-gejala tadi," ujarnya, Kamis, 27 April 2023.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Menurut Dokter Irsan, kolesterol pada dasarnya tidak ada keluhan khas yang nyata. Rasa pegal dan kesemutan itu, kata Dokter Irsan, cenderung muncul dan ketika diperiksa ternyata kadar kolesterolnya tinggi. Gejala yang cenderung muncul dan berkaitan kolesterol yang diidap sejak muda, sebenarnya ada dua tanda di mata.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

"Kolesterol pada dasarnya tidak ada keluhan tapi banyak yang begitu pegal cek kolesterol, memang tinggi, sebetulnya sebelum cek, kolesterol sudah tinggi. Dari fisik gimana tahunya? Secara umum nggak ada. Tapi yang kolesterol tinggi sejak muda biasanya ada benjolan di mata, di kornea ada garis hitam putih seperti bulan sabit. Bukan pegal tapi tanda-tanda seperti itu lah," tambahnya.

Benjolan atau gumpalan lemak di kelopak mata atas biasanya sulit hilang dan sebaiknya segera cek kadar kolesterol yang umumnya cenderung tinggi. Selain itu, garis putih hitam di kornea mata dinamakan arcus senilis atau berupa cincin berwarna putih pada mata. Ini juga salah satu efek kolesterol tinggi yang patut diwaspadai. Lantas, apa yang perlu dilakukan apabila muncul dua tanda di mata?

"Secara umum, dianjurkan cek kolesterol, laki-laki di atas 40 tahun dan perempuan di atas 50 tahun. Karena di usia itu, masalah jantung rentan terjadi. Usianya lebih muda kalau ada arcus sinilis, gambaran lemak di kelopak mata, ada riwayat kolesterol tinggi. Kalau kolesterol tinggi, diet dan cek 3 bulan kemudian," tandasnya.

Dikutip Mayo Clinic, kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah Anda. Tubuh Anda membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dengan kolesterol tinggi, Anda dapat mengalami timbunan lemak di pembuluh darah Anda. Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga mempersulit aliran darah yang cukup melalui arteri Anda. Terkadang, endapan tersebut bisa tiba-tiba pecah dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Ilustrasi kolesterol.

Photo :
  • Freepik/brgfx

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan akumulasi kolesterol berbahaya dan endapan lain di dinding arteri Anda (aterosklerosis). Penumpukan (plak) ini dapat mengurangi aliran darah melalui arteri Anda, yang dapat menyebabkan komplikasi, seperti:

Nyeri dada
Jika arteri yang memasok darah ke jantung (arteri koroner) terpengaruh, Anda mungkin mengalami nyeri dada (angina) dan gejala penyakit arteri koroner lainnya. 

Serangan jantung
Jika plak robek atau pecah, gumpalan darah dapat terbentuk di tempat pecahnya plak - menghalangi aliran darah atau melepaskan diri dan menyumbat arteri ke hilir. Jika aliran darah ke bagian jantung Anda berhenti, Anda akan mengalami serangan jantung. 

Stroke
Mirip dengan serangan jantung, stroke terjadi ketika gumpalan darah menghalangi aliran darah ke bagian otak Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya