Usai Lebaran, Kasus Aktif COVID-19 di Tangerang Naik Signifikan

Tenaga kesehatan puskesmas wilayah Tangerang.
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA Lifestyle – Satuan Tugas atau Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang mencatat, adanya kenaikan jumlah angka aktif warga yang terindikasi positif COVID-19 di wilayah setempat, usai momen Lebaran 2023.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Dalam pemaparan berdasarkan data, angka kasus COVID-19 yang sebelumnya 100 kasus aktif, saat ini mencapai 191 kasus aktif COVID-19. Angka itu pun naik setelah periode perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Juru Bicara Satuan Tugas atau Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, dokter Hendra Tarmizi mengatakan peningkatan kasus ini terjadi lantaran masyarakat yang kurang atau lalai dalam menerapkan Protokol Kesehatan (prokes) COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

Photo :
  • pexels/Edward Jenner

"Masyarakat tidak menerapkan prokesnya, seperti menggunakan masker. Sehingga, kasus aktif COVID-19 kembali naik," ungkap dokter Hendra Tarmizi, Jumat, 6 Mei 2023.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Terdeteksinya kasus COVID-19 di wilayah Kabupaten Tangerang ini, berdasarkan hasil laporan para perusahaan atau instansi pemerintah, yang menginformasikan bila pekerja mereka terpapar COVID-19.

"Kita dapat laporan kalau ada pekerja yang terpapar, disana baru kita lakukan langkah penanganan seperti tracking dan tracing. Yang mana, mayoritas pekerja swasta," ujarnya.

Virus Corona atau Covid-19.

Photo :
  • Times of India

Lanjut dokter Hendra, dalam penanganannya, pemerintah melakukan observasi kepasa para pasien COVID-19 melalui tenaga kesehatan di Puskesmas.

"Kita hanya observasi saja, artian melakukan pemantauan terkait kondisi pasien, karena saat ini seluruh pasien COVID-19, tidak lagi dirawat di rumah sakit, melainkan dirawat di rumah, karena gejalanya yang sedang," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya