dr. Zaidul Akbar: Sayuran Ini Bisa Cegah dan Bantu Penyembuhan Diabetes

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Lifestyle – Diabetes melitus (DM) merupakan gangguan metabolisme yang timbul akibat peningkatan kadar gula darah di atas nilai normal yang berlangsung secara kronis. Hal ini disebabkan adanya gangguan pada hormon insulin yang dihasilkan kelenjar pankreas.

5 Dampak Buruk Jarang Scaling Gigi: Bisa Picu Penyakit Jantung hingga Diabetes

Insulin berfungsi mengatur penggunaan glukosa oleh otot, lemak atau sel-sel lain di tubuh. Apabila produksi insulin berkurang, maka akan menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah serta gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Scroll untuk info lengkapnya.

Diabetes sendiri menjadi penyebab utama untuk kebutaan, serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan amputasi kaki. Bagi mereka yang memiliki keturunan diabetest, harus waspada dalam mengonsumsi asupan gula ke dalam tubuh. 

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

Tidak hanya mereka saja yang memiliki riwayat keluarga dengan diabetes saja yang perlu mengatur asupan gula, masyarakat lain juga wajib mengontrolnya. Mengingat diabetes juga bisa terjadi pada mereka yang tidak memiliki riwayat keturunan diabetes lantaran pola konsumsi yang kurang baik.

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

Pendakwah sekaligus herbalis kenamaan dr. Zaidul Akbar mengungkap salah satu sayuran yang ada di lingkungan masyarakat bisa mencegah terjadinya diabetes alias kencing manis. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sayur okra. Okra atau disebut sebagai lady finger ini merupakan salah satu jenis sayuran yang umum dikonsumsi masyarakat di tanah air. 

Lantas, bagaimana cara mengolah okra? Dr. Zaidul Akbar mengungkap, cukup ambil 4 potong sayur okra. Kemudian potong kecil-kecil sayur okra tersebut dan masukkan ke dalam air matang sebanyak 300cc. Setelah itu, diamkan selama 2 hingga 3 jam kemudian minum 1 hingga 2 kali sehari.

“Minum 1-2 kali sehari buat mencegah kencing manis dan bantu penyembuhan buat diabetes,” tulis dr. Zaidul Akbar mengutip akun Instagram @zaidulakbar, Senin 8 Mei 2023.

Melansir laman WebMD, okra rendah kalori tetapi dikemas penuh dengan nutrisi. Vitamin C dalam okra membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat. Okra juga kaya akan vitamin K, yang membantu tubuh membekukan darah.

Ilustrasi okra/sayur-sayuran.

Photo :
  • Freepik/valeria_aksakova

Ada beberapa manfaat okra bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan otak, mencegah kanker hingga mengontrol gula darah. Berbagai penelitian menunjukkan okra dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Peneliti percaya okra dapat membantu mencegah gula diserap selama pencernaan.

Dalam sebuah penelitian, tikus yang diberi okra murni dan gula cair mengalami lonjakan gula darah lebih sedikit daripada tikus dalam kelompok kontrol. Namun, masih diperlukan lebih banyak bukti untuk memastikan bahwa okra dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya