5 Manfaat Senam, Cegah Penyakit Hingga Kembangkan Kemampuan Kognitif

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/svetlanasokolova

VIVA Lifestyle – Penelitian dari International Journal of Cardiovascular Science mengungkapkan aktivitas fisik dengan intensitas dan durasi sedang terbukti mendukung respons imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Sempat Berhadapan dengan Maut, Chicco Jerikho Akui Jadi Semakin Dekat dengan Tuhan

Salah satu aktivitas fisik yang bisa dilakukan adalah senam lho. Berikut beberapa manfaat yang didapat dari olahraga senam, dilansir Health Sport, Selasa 9 Mei 2023. Yuk, scroll.

Meningkatkan kesehatan tulang
Melakukan gerakan senam dapat membantu tulang tetap bugar dan mencegah kerapuhan. Wanita khususnya kerap mengalami kehilangan massa tulang seiring bertambahnya usia. Jadi, melakukan gerakan senam sejak usia muda, dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah wanita mengembangkan kelainan tulang yang terkadang muncul seiring bertambahnya usia. 

Pemred tvOnenews.com, Jurnalis Pertama Indonesia Peraih Six Star World Marathon

Meningkatkan fleksibilitas
Saat melakukan gerakan senam, Anda akan mengkondisikan otot agar lebih fleksibel. Hal ini bisa membuat Anda lebih lentur sehingga dapat membantu mengurangi risiko cedera. Dengan tubuh yang fleksibel, juga akan banyak membantu rutinitas Anda. 

Cerita Chicco Jerikho yang Berjuang Hidup dan Mati Sampai Titip Pesan Untuk Anak dan Istrinya

Mencegah penyakit
Karena senam dapat membantu tubuh tetap sehat, menambahkannya ke dalam rutinitas Anda juga dapat membantu menangkal berbagai penyakit, termasuk diabetes. Melakukannya dengan teratur dan konsisten adalah cara terbaik untuk mendapatkan banyak manfaat dari senam. 

Mengembangkan kekuatan dan tenaga
Senam dipercaya sebagai cara yang luar biasa untuk meningkatkan tenaga dan kekuatan otot, karena Anda akan menggunakan beban tubuh sebagai cara untuk melatih tubuh bagian atas dan bawah, sekaligus memperkuat inti tubuh. Jadi, bukan hanya mengangkat beban di gym saja yang akan membantu Anda mengembangkan kekuatan, senam juga demikian. 

Mengembangkan kemampuan kognitif
Belajar senam melibatkan mengambil instruksi dan menerapkannya saat latihan, sehingga memberikan kontribusi untuk mengembangkan pemahaman tentang menggunakan inisiatif dan mengerjakan sesuatu ketika diberi saran atau diajarkan oleh pelatih. Senam mengajarkan lebih dari sekadar latihan fisik. 

Bicara senam, Oxyvit berkolaborasi dengan Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI) menggelar Senam Oks Terus di halaman parkir Maspion Square, Surabaya, pada Minggu 7 Mei 2023 lalu. 

Acara ini dihadiri oleh Wakil Walikota Surabaya, Ir. H. Armuji, M.H., Wakil Ketua DPRD Surabaya, Reni Astuti, Ketua PORPI DPC Surabaya, Drs. H. Hartantro, serta 1.000 peserta Senam Oks Terus.

Brand Manager Oxyvit, Feby Felicia, mengatakan, pihaknya sangat mendukung kesehatan masyarakat Indonesia. 

"Di tengah kenaikan kasus COVID-19 dan mobilitas masyarakat, kita perlu menerapkan gaya hidup bersih dan sehat di antaranya dengan makan-makanan bergizi, cukup tidur, dan tentunya dengan berolahraga dan konsumsi tambahan vitamin," ujar Feby dalam keterangannya. 

Feby melanjutkan, dalam tren kenaikan kasus COVID-19, masyarakat diharapkan dapat menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi Vitamin C dan D3. 

"Masing-masing vitamin ini terdapat dalam produk Oxyvit. Ada Oxyvit D3, Oxyvit C+, dan Oxyvit Kidz," kata dia. 

Ketua PORPI DPC Surabaya Drs. H. Hartantro, menyambut positif kegiatan Senam Oks Terus. Menurutnya, PORPI akan terus berkolaborasi dan berkontribusi dalam menciptakan masyarakat sehat dan bugar dengan mengolah pernapasan secara baik.

"PORPI merupakan salah satu komunitas olahraga yang akan berkontribusi untuk menciptakan masyarakat yang sehat. Melalui senam ini, harapannya dapat membantu pernapasan, memperlancar pertukaran udara untuk paru dan pernapasan agar lebih teratur," jelas Hartantro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya