Minum Kopi Hitam Tanpa Gula, Dokter Zaidul Akbar Ungkap Deretan Khasiatnya

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Lifestyle – Kopi saat ini tengah menjadi minuman kekinian di Indonesia yang digandrungi oleh berbagai usia. Terlebih, kopi sudah terbukti mengandung berbagai zat berkhasiat untuk kesehatan mulai dari kanker, depresi, hingga diabetes.

Terpopuler: Zaidul Akbar Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari sampai Perbanyak Kelapa saat Makan Getuk

Dan rupanya ada salah satu penelitian menarik yang menunjukkan bahwa meningkatkan asupan kopi sebenarnya dapat memberikan manfaat yang baik dan berguna bagi kesehatan tubuh. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Dalam salah satu kesempatan, dokter Zaidul Akbar memberikan tips minum kopi hitam yang baik dan benar. Jika hal ini dilakukan maka akan memberikan manfaat dahsyat yang dapat dirasakan oleh tubuh.

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

Berikut adalah penjelasan soal tips minum kopi hitam yang baik dan benar agar mendapat segudang manfaat yang disampaikan dokter Zaidul Akbar, seperti yang dilansir dari tayangan konten di YouTube channel Naef Channel berjudul "Seduhan kopi hitam tanpa gula dengan sejuta manfaat - Ustadz. Dr. Zaidul Akbar".

Ilustrasi secangkir kopi.

Photo :
  • U-Report
Zaidul Akbar: Kalau Makan Getuk Saya Banyakin Kelapanya, Kenapa? Ini Alasannya

"Bagaimana cara konsumsi kopi yang benar?," tanya salah seorang jamaah pada dr Zaidul Akbar.

"Bubuk atau biji kopi ini anda grind, anda haluskan atau bubuk kopi murni mungkin satu atau dua sendok teh, kasih air panas, minum dalam keadaan pahit itu bagus. Jangan pake gula, jangan pake susu. Kalo mau pake susu, disitu belum ada yang bikin tuh, kopi susu almond," ungkap dokter Zaidul Akbar yang dikutip laman tvOnenews.

Dokter Zaidul Akbar juga menambahkan bahwa kopi hitam merupakan fat burner atau mengandung zat makanan yang dapat membantu pembakaran lemak berlebih dari tubuh dengan cepat.

ilustrasi kopi.

Photo :
  • Pixabay/acekreations

Namun dengan catatan bahwa anda tidak ada masalah dengan kopi, dan takaran minum kopi hitam tidak boleh terlalu banyak. Menurut dr Zaidul Akbar, takaran minum kopi hitam yang disarankan adalah cukup 1/2 sendok teh untuk satu gelas kecil seitar 150ml.

"Kopi itu ngasih tenaga, kopi itu anti oksidan, dan jangan pakai gula. Jadi mulai sekarang itu gula pasir termasuk produk yang anda stop. Karena anda sudah punya keyakinan bahwa, itu sudah cukup manis tanpa gula putih," jelas dr Zaidul Akbar.

"Saya suka kopi, tapi tidak kopi sachet. Kalo pergi ke berbagai tempat, saya minumnya kopi bubuk," lanjutnya.

Dokter Zaidul Akbar pun menjelaskan lagi bahwa kopi bubuk dari biji kopi asli itu bagus. Kalau anda mau jantung anda berdetaknya lebih aktif, tanpa catatan anda tidak akan kena hipertensi maka minumlah kopi.

Ilustrasi secangkir kopi.

Photo :
  • U-Report

"Dengan catatan, kopi pahit, bukan kopi gula pasir. Kopi itu banyak manfaatnya asal jangan dikasih gula," papar dokter Zaidul Akbar.

Kopi itu kemampuannya untuk mengikat sisa sampah makanan yang lengket di usus, jadi kerja kopi seperti itu. Catatannya satu, jangan tambahkan gula.

"Kalo anda tetap pengen pake gula, maka gantilah dengan gula yang relatif lebih alami seperti gula aren, bukan gula merah ya karena banyak yang dicampur dengan gula pasir. Atau gula madu atau gula singkong," terangnya kembali.

Dokter Zaidul Akbar juga menambahkan maksimal konsumsi kopi dalam sehari agar tubuh tetap sehat. Serta menjawab pertanyaan bahwa tidak benar jika minum kopi bisa membuat orang tidak tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya