Penyanyi Trot Haesoo Meninggal Dunia, Kenali 6 Tanda Niat Bunuh Diri

Ilustrasi bunuh diri.
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle – Penyanyi trot Korea Selatan, Haesoo, ditemukan telah meninggal dunia di sebuah kamar hotel pada Jumat 12 Mei 2023 lalu sekitar pukul 10 pagi waktu setempat. Diduga kuat Haesoo meninggal dunia usai melakukan bunuh diri di kediamannya.

Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh perwakilan manajemen melalui unggahan di Instagram. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Pihak Haesoo mengonfirmasi kabar duka tersebut dengan menyebutkan, ia telah pergi meninggalkan dunia ini.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

"Pada 12 Mei lalu, Haesoo telah meninggalkan kita dan menjadi cahaya di samudera," tulis agensi di akun @haesoo__official, dikutip Selasa 16 Mei 2023.

Areum Eks T-ARA Akhirnya Putus dengan Pacarnya Usai Menimbulkan Kontroversi

Pemilik nama asli Kim A Ra itu diduga meninggal dunia karena bunuh diri di usia 29 tahun. Dugaan tersebut muncul setelah polisi menemukan surat wasiat yang ditinggalkan di kediamannya.

Dalam akun Instagram pribadinya yaitu @hellohaesoo, sang penyanyi terakhir kali mengunggah fotonya pada Kamis 11 Mei 2023. Ia memamerkan foto setelah mengadakan siaran di daerah Busan.

Haesoo bahkan mengungkapkan rasa bahagianya karena mendapatkan bingkisan makanan yang lucu dari para penggemar. 

"Halaman pagi KBS Busan hari ini. Haesupia (fandom) ku sangat menghibur saya. Terima kasih banyak. Lunch box yang sangat lucu dan cantik dengan bunga. Hari ini aku sangat bahagia," tulis Haesoo di keterangan fotonya.

Bunuh diri merupakan bentuk mengambil nyawa diri sendiri yang merupakan reaksi tragis terhadap situasi kehidupan yang penuh tekanan. Dan lebih tragis lagi, karena bunuh diri dapat dicegah.

Sepertinya tidak ada cara untuk menyelesaikan masalah Anda dan bunuh diri seharusnya bukan cara tepat untuk mengakhiri rasa sakit.

Ilustrasi bunuh diri

Photo :

Bila Anda sedang mempertimbangkan untuk bunuh diri atau mengenal seseorang yang merasa ingin bunuh diri, pelajari tanda-tanda peringatan bunuh diri dan cara mencari bantuan segera dan perawatan profesional. Anda dapat menyelamatkan hidup Anda sendiri atau orang lain.

Jika Anda merasa kewalahan oleh pikiran tidak ingin hidup atau Anda memiliki dorongan untuk mencoba bunuh diri, dapatkan bantuan sekarang.

Berikut tanda-tanda peringatan bunuh diri atau pikiran untuk bunuh diri, dikutip laman Mayo Clinic.

Berbicara tentang Bunuh Diri

Misalnya, membuat pernyataan seperti "Saya akan bunuh diri", "Andai saja saya mati", atau "Andai saja saya tidak dilahirkan". Selain itu, seseorang juga kerap mendapatkan sarana untuk bunuh diri, seperti membeli senjata atau menimbun pil.

Menarik Diri

Tanda paling khas pada orang yang ingin bunuh diri biasanya menghindari dari kontak sosial dan ingin dibiarkan sendiri. Selain itu, memiliki perubahan suasana hati, seperti emosi yang tinggi pada suatu hari dan sangat putus asa pada hari berikutnya.

Ilustrasi bunuh diri.

Photo :
  • U-Report

Merasa Terjebak atau Putus Asa

Perasaa putus asa dan terjebak pada situasi membuat orang kerap membicarakan hal berbau kematian atau kekerasan. Ini diiringi meningkatnya penggunaan alkohol atau obat-obatan. Taj sedikit juga terjadi pergubahan rutinitas normal, termasuk pola makan atau tidur.

Melakukan hHal-hal yang Berisiko atau Merusak Diri Sendiri

Serupa dengan rasa putus asa, seseorang akan berupaya bunuh diri dengan cara berisiko seperti menggunakan narkoba atau mengemudi sembarangan.

Memberikan Barang Tanpa Alasan

Seseorang yang ingin bunuh diri juga kerap terlihat membereskan urusannya secara terburu-buru. Namun anehnya, ia melakukan itu ketika tidak ada penjelasan logis lain untuk hal itu. Hal ini diiringi dengan mengucapkan selamat tinggal kepada orang-orang seolah-olah mereka tidak akan terlihat lagi.

Perubahan Sikap

Mengembangkan perubahan kepribadian atau sangat cemas atau gelisah, terutama saat mengalami beberapa tanda peringatan lain yang tercantum di atas.

Pemberitaan berikut ini tidak untuk menginspirasi dan diimbau anda tak menirunya. Jika anda merasakan gejala depresi, permasalahan psikologi yang berujung pemikiran untuk melakukan bunuh diri segera konsultasikan ke pihak-pihak yang dapat membantu anda seperti psikolog, psikiater atau klinik kesehatan mental.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya