Zaidul Akbar Ungkap Ramuan Paitan Untuk Atasai Gula Darah Tinggi

Seorang pria mengecek gula darah diabetes
Sumber :
  • Eat This

VIVA – Gejala gula darah tinggi atau hiperglikemia dapat dialami oleh siapa saja, tetapi kondisi ini lebih umum terjadi pada penderita diabetes. Gejala gula darah tinggi juga rentan dialami oleh penderita obesitas, hipertensi, kolestrol tinggi, stroke, serangan jantung, infeksi parah, PCOS, serta orang yang memiliki keluarga dengan diabetes.

Terpopuler: Siapkan Ranjang dengan Gaya Baru, The Jungle Kasih Banyak Promo dan Hadiah

Jika mengalami tekanan gula darah tinggi dalam jangka panjang dan tidak ditangani dengan tepat, kondisi dapat mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh seperti mata, saraf, ginjal dan pembuluh darah. Scroll lebih lanjut.

Selain mendapatkan pengobatan dari dokter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk menganggulangi ketika gula darah naik seperti saran dari pendakwah sekaligus praktisi kesehatan, dr. Zaidul Akbar.

Lebaran Sehat! Resep Sayur Praktis dan Lezat Tanpa Santan, Cocok untuk Anak-anak

"Saya sarankan mulai perbaiki mikrobiom yang ada pada tubuh Anda. Salah satunya dengan bisa mencoba minum paitan. Paitan itu seperti pare, brotowoli, minum jusnya diminum. Bisa juga dengan kayumanis," kata dia dalam potongan video yang diunggah ulang akun dr. zaidul akbar resep.

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

Dijelaskan dr. Zaidul Akbar, cara kerja dari paitan dan kayu manis jika dilihat dari pandangan modern bukan hanya menurunkan darah tapi juga mengembalikan keseimbangan tubuh.

"Kalau kita lihat pandangan modernnya memang katanya menurunkan gula darah dan seterusnya. Tapi bukan hanya itu saja kerjanya, tapi juga mengembalikan keseimbangan kayu manis, paitan itu bisa rutinkan konsumsi dan kembalikan keseimbangan pencernaan tubuh Anda dengan mengonsumsi prebiotik dan probiotik tadi," katanya.

Zaidul Akbar

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Tidak hanya itu saja, beliau juga masih tetap merekomendasikan mengonsumsi karbohidrat bagi pengidap diabetes. Namun perlu diatur dan dipilih jenis karbohidrat yang lebih sehat. 

"Jangan enggak makan karbo karena biasanya orang yang sudah diabet memilih tidak konsumsi karbo. Anda masih butuh karbo tapi pilihlah karbo yang sehat dan dibatasi konsumsinya. Karbo yang sehat apa contohnya? kalau Anda ingin tetap makan nasi ya nasi merah atau beras coklat, beras-beras yang non pestisida insya Allah bisa," ujarnya.

Selain itu, yang bisa dilakukan jika gula darah tinggi adalah dengan berpuasa. Sebab kata beliau,   puasa menjadi salah satu yang baik mengendalikan atau mengembalikan keseimbangan gula darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya