Daging Merah Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria, Begini Aturan Konsumsinya

Daging Merah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Daging kambing menjadi salah satu jenis daging merah favorit masyarakat tanah air. Daging yang identik dengan Idul Adha ini menjadi primadona, yang biasanya diolah dalam berbagai varian. Mulai dari tongseng, gulai, satai hingga sop kambing.

Terpopuler: Kebiasaan yang Buat Pria Disfungsi Ereksi sampai Negara yang Diramalkan Hilang dari Peta

Selain nikmat dikonsumsi, daging kambing dipercaya bisa meningkatkan gairah seksual pria, benarkah? Terkait hal itu, Spesialis Gizi Klinik, dr. Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM, memberikan penjelasannya. Yuk, scroll untuk mengetahui jawaban lengkapnya.

"Benar, tetapi daging sapi dan domba juga iya," kata Marya dalam program Hidup Sehat tvOne, Senin 22 Mei 2023. 

Tanpa Disadari Kebiasaan Ini Bikin Pria Disfungsi Ereksi Sampai Susah Orgasme

Lebih lanjut dijelaskan oleh Marya bahwa ketiga jenis daging merah yakni sapi, kambing dan domba bisa meningkatkan vitalitas pria lantaran kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

"Karena selain lemak dan protein, daging ada selenium zinc, zat besi, vitamin B, komponen-komponen yang diperlukan untuk meningkatkan stamina pria," jelas Marya.

Zinc yang terkandung dalam daging merah bermanfaat untuk produksi hormon seksual seperti testosteron yang berhubungan dengan gairah seksual. Testosteron sendiri berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga produksi serta kualitas sperma agar tetap baik.

Berdasarkan penelitian dalam Journal of Nutrition, kekurangan zinc bisa menurunkan kadar hormon testosteron dalam tubuh. Mengonsumsi makanan dan vitamin kaya zinc bisa memperbaiki kondisi ini secara efektif.

Namun perlu diperhatikan juga dalam mengonsumsi daging merah. Sebab, jika terlalu banyak mengonsumsi daging merah bisa menyebabkan risiko kanker. 

"Daging merah ada zat risikonya bisa kanker kalau dikonsumsi tiap hari. Lebih berisiko olahan daging, seperti sosis, dendeng, di mana terlalu sering dan banyak lebih tinggi risiko kena kanker. Kanker meningkat risikonya jika diolah dibakar di atas bara hitam dan dimasak terlalu lama,” jelasnya.

Ilustrasi daging kambing.

Photo :
  • Freepik/dashu83

Menurut Marya, ada beberapa aturan dalam mengonsumsi daging merah agar tetap sehat terutama terkait dengan porsi makan. 

"Sekali makan di bawah 70 gram. Kalau berbentuk daging olahan, dendeng, sosis di bawah 50 gram per hari. Supaya bisa menikmati daging seminggu 1-2 kali, pilih daging rendah lemak," kata dia.

Selain itu, Marya mengimbau agar bisa mendapatkan manfaat dari ketiga jenis daging merah yakni sapi, kambing dan domba, perhatikan juga cara pengolahannya. 

"Olah dengan minimal minyak butter atau margarin, agar kandungan lemak dari daging bukan tambahan. Konsumsi 1-2 kali seminggu dan lengkapi jenis makanan lain," jelas Marya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya