Tips Jaga Pola Makan Sehat saat Melaksanakan Ibadah Haji

Jemaah Haji Memakai Masker di Masjidil Haram
Sumber :
  • ANTARA/Maha Eka Swasta

VIVA Life – Cuaca di Madinah, Arab Saudi, Senin, 22 Mei 2023 berada di suhu 32-33 derajat Celcius. 

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Namun perlu diketahui saat puncak haji 27 Juni 2023 - 1 Juli 2023 kondisi cuaca diprediksi mengalami suhu panas ekstrem mencapai 48-50 derajat celsius.

Untuk itu, jemaah haji yang nantinya akan menjalankan ibadah di Tanah Suci harus menjaga kondisi tubuhnya agar tetap prima saat menjalankan rangkaian kegiatan ibadah haji. Salah satunya, menjaga pola makan sehat.

Warga Iran Kini Dapat Kembali Berangkat Umrah Setelah 9 Tahun, Hal Ini Jadi Penyebabnya

Beberapa tips yang harus diketahui untuk menjaga kondisi tetap sehat dan prima yakni bagaimana menjaga pola makan saat menjalankan ibadah haji.

Yuk simak tips menjaga pola makan saat menjalankan ibadah haji yang dikutip dari berbagai sumber. 

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

1. Makan tepat waktu

Suasana dapur katering haji Indonesia di Bandara Jeddah

Photo :
  • MCH 2022

Makanan yang disajikan di Tanah Suci pasti berbeda dengan makanan di Indonesia. Meski begitu, jemaah haji perlu mengonsumsi makanan yang disajiman untuk memenuhi kebutuhan harian. Makanan yang bisa dikonsumsi seperti nasi Turki, nasi birjani, nasi kari, atau mi. Bila yang didapat adalah makanan dari katering, segera makan-makanan tersebut sesuai waktu yang ditentukan. Jangan menunda waktu makan

2. Makan dalam porsi tidak berlebihan

Konsumsi makanan secukupnya, jangan makan sampai kekenyangan karena bisa memicu sakit perut. Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak dari makanan dan minuman. Ambillah lauk pauk yang dihidangkan secukupnya. Yang terpenting asupan gizinya terpenuhi selama beribadah. 

3. Perbanyakan minum

Petugas membagikam air zamzam kemasan botol ke jemaah haji

Photo :
  • Reasahalharamain

Saat musim panas jemaah haji dianjurkan untuk lebih banyak minum air agar terhindar dari dehidrasi. Hindari minuman dingin di tengah cuaca panas. Konsumsi air zamzam sangat dianjurkan, atau bisa juga ditambah dengan asupan jus buah.

4. Minum vitamin

Lengkapi nutrisi kebutuhan harian dengan konsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Dianjurkan konsumsi vitamin C, D dan zinc. Suplemen ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menambah asupan cairan dalam tubuh sehingga tidak dehidrasi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya