Benarkah Makan 1 Apel Sehari Bisa Buat Frekuensi ke Dokter Menurun? Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi Apel
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lutfi Dwi Pujiastuti

VIVA Lifestyle – Pernah dengar istilah "Eat an apple a day, keep the doctors away" atau yang berarti "Makan satu apel dalam sehari, akan mengurangi frekuensi ke dokter"?

Ramalan Zodiak Selasa 9 April 2024, Virgo Harus Berhati-hati

Nah, istilah tersebut sudah menjadi legenda dan banyak yang beranggapan bahwa makan hanya buah apel dalam sehari, bisa menyehatkan tubuh. Namun, apakah istilah tersebut benar?

“Apel memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, dan bagi yang sering memakannya cenderung akan mengurangi penggunaan resep dari dokter," ungkap Niket Sonpal, MD, seorang ahli gastroenterologi, internis, dan anggota fakultas di Touro College of Medicine di New York City, Amerika Serikat, melansir Healthline.

Ramalan Zodiak Senin 8 April 2024, Sagitarius: Ada Kesempatan Menyambut Cinta Masa Lalu

Makan buah apel.

Photo :
  • U-Report

Makan satu apel sehari bisa menjadi bagian dari gaya hidup sehat, tetapi tentu hanya makan satu apel saja tidak akan secara langsung membuat tubuh kamu sehat secara keseluruhan. 

Persiapan Mudik Bawa Anak, Waspada Gejala dan Pertolongan Pertama

Makanan yang seimbang dan gaya hidup sehat secara umum memerlukan variasi makanan yang mencakup berbagai nutrisi.

Apel adalah sumber serat yang baik dan mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin C dan antioksidan. Serat dalam apel dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengatur gula darah. Antioksidan yang terkandung dalam apel dapat melawan kerusakan sel dan peradangan dalam tubuh.

Rutin mengonsumsi 1–2 buah apel dalam sehari diketahui mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Tak hanya itu, mengonsumsi buah ini juga bisa membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Selain itu, ketika dikonsumsi secara rutin, apel efektif membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Manfaat ini terjadi berkat kandungan vitamin C yang bekerja dengan menghilangkan racun dan radikal bebas dari organ tersebut. 

Namun, tubuh juga membutuhkan nutrisi lain yang tidak hanya dapat ditemukan dalam apel. Penting untuk mengonsumsi makanan dari berbagai kelompok makanan, seperti biji-bijian, protein, sayuran, buah-buahan, dan produk susu atau sumber kalsium lainnya.

Buah apel.

Photo :
  • U-Report

Menjaga pola makan seimbang dan memperhatikan asupan nutrisi secara keseluruhan adalah kunci untuk menjaga tubuh sehat, yang mana mengonsumsi apel bisa menjadi salah satu opsi konsumsi buah setiap hari. 

Selain makanan, penting juga untuk menjaga gaya hidup sehat secara umum. Ini termasuk berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, menghindari kebiasaan merokok, mengelola stres, dan menjaga pola makan seimbang secara umum.

Jadi, meskipun makan satu apel sehari bisa menjadi kebiasaan yang baik, pastikan kamu juga mengonsumsi makanan lain yang sehat dan menjaga gaya hidup yang seimbang secara keseluruhan untuk mendukung kesehatan tubuhmu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya