Berkaca Pada Malaysia, Begini Jaga Kesehatan Tubuh dan Kulit di Tengah Gelombang Panas

Ilustrasi menjaga kesehatan kulit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Pekan lalu, warga di Penang dan Kedah Malaysia melakukan panic buying air mineral. Hal ini menyusul dengan kekhawatiran akan kekurangan air bersih di tengah curah hujan yang rendan dan bendungan yang mengering serta gangguan sistem sungai.

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI

Diketahui gangguan sistem di sepanjang Sungai Muda membuat satu juta orang di Penang dan Kedahan berebut air setelah aliran air keran sempat mengering.

Alhasil pada pekan lalu muncul video yang memperlihatkan masyarakat di sana menyerbu supermarket untuk memborong air mineral.

Khasiat Premium DNA Salmon Soap, Beri Manfaat Luar Biasa Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Ilustrasi produk perawatan kulit.

Photo :
  • Bellvada

Di tengah kekeringan akibat cuaca panas ekstrem yang melanda sejumlah negara. Ada beberapa tips kesehatan yang bisa dilakukan masyarakat untuk melindungi diri mereka agar tetap sehat.

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

Berikut ini tips tetap sehat di tengah cuaca panas ekstrem seperti melansir laman skin health:

1. Manfaatkan tempat teduh 

Paparan sinar UV matahari yang tidak terlindungi dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda yang tidak dapat diperbaiki.

Kerusakan dapat terjadi hanya dalam waktu 15 menit ketika indeks UV berada pada titik tertinggi, biasanya antara pukul 11.00 dan 15.00.

Memanfaatkan tempat teduh adalah cara sederhana untuk melindungi dari hal ini. Sebagian besar aplikasi cuaca dapat memberi Anda data indeks UV, perlindungan matahari umumnya direkomendasikan untuk orang dengan warna kulit lebih terang setelah indeks UV tiga atau lebih tinggi.

2. Pakaian 

Pakaian, seperti t-shirt, kacamata hitam dan topi, akan memberi Anda perlindungan dari sinar matahari.

Kacamata hitam dan topi sangat berguna untuk melindungi area di kepala, leher, dan wajah yang sulit dilindungi dengan tabir surya, misalnya di sekitar telinga dan mata.

Studi menunjukkan bahwa rata-rata orang melupakan 10 titik dari area wajah mereka saat menggunakan tabir surya.

3. Manfaatkan tabir surya

Tabir surya harus benar-benar menjadi garis pertahanan terakhir Anda melawan matahari, bukan yang pertama. Kami merekomendasikan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan perlindungan UVA yang baik.

Ilustrasi wanita pakai tabir surya.

Photo :
  • U-Report

Tabir surya harus dioleskan secara merata, dan dioleskan kembali setiap dua jam, setelah berenang, berolahraga, atau aktivitas lain apa pun yang dapat menghilangkan atau membersihkannya.

4. Hidrasi

Minum banyak air sangat penting selama gelombang panas. Tubuh Anda kehilangan cairan karena keringat berlebih saat cuaca panas di luar, jadi penting untuk menambah asupan cairan Anda.

Hidrasi juga dapat membantu mendinginkan tubuh dan mengatur suhu di hari yang panas.

5. Sunburn: Apa yang bisa saya lakukan?

Jika Anda mengalami sunburn, maka pastikan Anda tidak keluar ruangan, dan sebaiknya tetap di dalam ruangan.

Jika Anda tidak bisa masuk ke dalam ruangan, manfaatkan tempat berteduh dan pastikan Anda menutupi area yang terbakar dengan pakaian. 

Mandi air dingin atau shower dapat membantu bersama dengan aplikasi pelembab.

Minum banyak air dan jika sangat sakit minum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen (jika aman untuk Anda minum). 

Kulit yang terbakar akan lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, jadi terus tutupi area ini selagi baik-baik saja. Jika kulit Anda melepuh, ini adalah tanda luka bakar yang parah dan Anda mungkin perlu menemui dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya